Headlines News :
Home » » Jerihpayah Boen Dari Jualan Obat Pinggir Jalan Diatas Mobil Butut Menjadi Orang Terkaya Rp 60 Triliyun

Jerihpayah Boen Dari Jualan Obat Pinggir Jalan Diatas Mobil Butut Menjadi Orang Terkaya Rp 60 Triliyun

Written By Info Breaking News on Senin, 27 Desember 2021 | 07.21

Dr. Boen yang selalu ceria didampingi assisten nya

Makassar, Info Breaking News
– Tidak sedikit kisah sukses seseorang dimulai dari nol paling bawah secara perih dan menjadikan inspirasi bagi calon pengusaha lainnya untuk maju sukses, namun kali ini Kisah sukses Boenjamin Setiawan, dari jualan obat di garasi hingga kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Melansir Forbes, Senin (27/12/2021), dengan total kekayaan USD4,2 miliar atau setara Rp60,39 triliun, Boenjamin menduduki peringkat ke-8 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Yang mana kekayaannya berasal dari PT Kalbe Farma, perusahaan obat miliknya.

Miliarder kelahiran Tegal, Jawa Tengah 23 September 1933 ini merupakan lulusan Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran tahun 1958. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya dan mendapatkan gelar Ph.D bidang farmakologi di University of California.

Boenjamin bersama teman-temannya untuk mendirikan PT Farmindo dan menjadi perusahaan pertamanya pada tahun 1963.

Akan tetapi karena kurangnya pengalaman untuk pemasaran produknya, perusahaannya tidak bertahan lebih dari tiga tahun.

Pria yang kini berusia 86 tahun yang akrab disapa dr. Boen ini tidak patah semangat dan kembali mendirikan perusahaan farmasi PT Kalbe Farma pada tahun 1966.

Kali ini dia membangun perusahaannya bersama dengan saudara dan satu orang temannya. Perusahaannya tersebut dimulai dari garasi mobil rumahnya di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pada awalnya perusahaan yang dibuatnya hanya meracik obat dari resep dokter. Kemudian berkembang dan mulai memproduksi obat yang dijual bebas di pasaran, seperti Promag, Neuralgin, Komix, dan yang lainnya.

PT Kalbe Farma mencatatkan sahamnya masuk di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991. Perusahaannya kian berkembang dari tahun ke tahun, pabrik obat tersebut telah bekerja sama dengan mitra internasional dan juga mampu bersaing di pasar ekspor.

Dan tercatat dr. Boen mengoperasikan perusahaan keluarganya yang sudah go public dan juga memiliki 25 rumah sakit yang tersebar di Indonesia. *** Candra Wibawanti.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved