Headlines News :
Home » » Samsung Bangun Pabrik Chip Bernilai Rp 242 Triliun di Texas

Samsung Bangun Pabrik Chip Bernilai Rp 242 Triliun di Texas

Written By Info Breaking News on Kamis, 25 November 2021 | 12.05


SEOUL, INFO BREAKING NEWS - Salah satu perusahaan pembuat perangkat elektronik terbesar di dunia, Samsung, memilih Texas sebagai lokasi terbaru pabrik chip komputer mereka.

Pabrik tersebut disebut bernilai US$17 miliar atau sekitar Rp 242 triliun.


Pabrik Samsung di Texas tersebut merupakan investasi AS terbesar yang pernah dilakukan oleh raksasa elektronik asal Korea Selatan. Pabrik ini diharapkan dapat menciptakan 2.000 pekerjaan industri teknologi, dengan konstruksi dimulai awal tahun 2022.


Samsung, seperti beberapa pesaingnya, berlomba untuk memperluas pembuatan chip di AS untuk mengatasi masalah rantai pasokan.


"Dengan kapasitas manufaktur yang lebih besar, kami akan dapat melayani kebutuhan pelanggan kami dengan lebih baik dan berkontribusi pada stabilitas rantai pasokan semikonduktor global," kata Kinam Kim, kepala eksekutif solusi perangkat elektronik Samsung.


Pembangunan pabrik ini terjadi ketika Presiden AS Joe Biden telah mendorong raksasa chip untuk meningkatkan produksi mereka di AS.


Pejabat Gedung Putih mengatakan fasilitas baru itu akan membantu untuk melindungi rantai pasokan, merevitalisasi basis manufaktur kami, dan menciptakan lapangan kerja yang baik.


“Meningkatkan produksi chip semikonduktor dalam negeri sangat penting untuk keamanan nasional dan ekonomi kita,” kata Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo.


Gubernur Texas, Greg Abbott, menyambut kehadiran Samsung melalui cuitan di akun Twitternya. “Selamat datang di Texas, Samsung!" berikut isi cuitan tersebut.


Secara terpisah, seorang sumber dari kantor Gubernur mengatakan perusahaan akan mendapatkan hibah US$ 27 juta (Rp 385 triliun) untuk menciptakan lapangan kerja di negara bagian tersebut.


Chip yang dibuat di fasilitas baru akan digunakan dalam berbagai teknologi termasuk seluler, 5G, komputasi kinerja tinggi, dan kecerdasan buatan.


Samsung adalah salah satu pembuat chip terbesar di dunia dengan lebih dari 20.000 karyawan di seluruh AS. Pabrik ini diharapkan dapat beroperasi pada paruh kedua tahun 2024.


Perusahaan itu mengatakan bahwa pengumuman terbaru membuat total investasinya di ekonomi terbesar dunia menjadi US$ 47 miliar atau Rp 670 triliun.


Kekurangan chip global telah menyebabkan gangguan besar bagi produsen, mulai dari pembuat mobil yang harus menangguhkan produksi hingga peringatan Apple bahwa pengiriman iPhone akan tertunda.


Pembuat chip Taiwan TSMC mengumumkan investasi US$ 100 miliar (Rp 1.426 triliun) di Arizona, awal tahun 2021. Sementara produsen semikonduktor kontrak AS GlobalFoundries mengumumkan mereka akan meningkatkan investasinya di bagian utara New York. ***Radinal


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved