Headlines News :
Home » » RI Terima Presidensi G20, Cak Imin: Indonesia Harapan Dunia

RI Terima Presidensi G20, Cak Imin: Indonesia Harapan Dunia

Written By Info Breaking News on Kamis, 04 November 2021 | 10.57


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Muhaimin Iskandar menyambut baik penunjukan Indonesia sebagai penyelenggara atau presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober 2022 mendatang.

Menurutnya, kepercayaan yang diberikan dunia kepada Indonesia berdampak pada bangkitnya optimisme di tengah transisi kepemimpinan. Presidensi G20, lanjutnya, menjadi bukti pengakuan dan kepercayaan internasional kepada Indonesia untuk menjadi lokomotif solusi dunia. Ia pun bersyukur oleh karenanya.


“Hari ini kami juga bersyukur Pak Jokowi menjadi Presidensi G20, artinya Indonesia menjadi harapan dunia yang akan menjadi lokomotif solusi bagi dunia,” ujarnya.


Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut berharap momentum ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.


Ia menjelaskan, setidaknya ada empat prinsip universal yang dapat diperjuangkan dalam agenda KTT G20 nanti. Pertama, prinsip adil dan sederajat tanpa memandang suku dan agama. Kedua, prinsip menerima dan menghormati negara dan bangsa yang berdaulat sebagai sistem politik yang mengikat tanpa menyebarkan atau mengejar agenda supremasi terhadap bangsa lain. 


Ketiga, prinsip menerima dan menghormati hukum negara sebagai tatanan yang mengikat. Dan prinsip terakhir ialah Indonesia juga perlu mendorong ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, gotong-royong, dan keadilan sosial.


“Saya yakin (keempat prinsip ini) bisa menjadi pintu stabilitas dunia, dan juru kuncinya adalah Indonesia melalui Forum G20 nanti,” katanya.


Adapun, KTT G20 terdiri atas Amerika Serikat (AS), Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa. G20 menjadi representasi perekonomian dunia dan memiliki posisi strategis.


Negara-negara yang tergabung di G20 menguasai 85 persen PDB dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan dunia, dan 66 persen populasi dunia. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20. ***Jeremy Foster


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved