Headlines News :
Home » » Negara Ini Baru Laporkan Kasus Covid-19 Pertamanya

Negara Ini Baru Laporkan Kasus Covid-19 Pertamanya

Written By Info Breaking News on Senin, 01 November 2021 | 14.23


WELLINGTON, INFO BREAKING NEWS - Negara Tonga yang terletak di kepulauan Pasifik Selatan, melaporkan kasus Covid-19 pertamanya pada Jumat (29/10/2021).

Hal ini mendorong ribuan orang untuk mendapatkan vaksinasi di tengah peringatan penguncian (lockdown) nasional.


Tonga merupakan satu dari segelintir negara yang tidak melaporkan satu pun kasus Covid-19 sejak awal pandemi. Tetapi pada hari Jumat, Perdana Menteri Tonga Pohiva Tu'i'onetoa mengkonfirmasi kasus positif pertama yang berasal dari seorang penumpang yang telah melakukan perjalanan dari Selandia Baru.


Kementerian Kesehatan Selandia Baru melaporkan pelancong yang terinfeksi tiba di Tonga pada hari Rabu setelah terbang dari Christchurch.


Penumpang tersebut telah divaksinasi sepenuhnya dan telah dites negatif di Selandia Baru sebelum keberangkatan penerbangan. Ia ditemukan di antara pelancong yang menginap di hotel yang digunakan untuk isolasi dan karantina yang dikelola untuk pendatang baru ke negara itu.


Tu'i'onetoa mengatakan semua staf bandara yang melakukan kontak dengan salah satu penumpang dalam penerbangan telah dikarantina dan dia memperingatkan warga Tonga untuk bersiap menghadapi kemungkinan penguncian nasional menyusul kasus tersebut, menurut situs berita Matangi Tonga.


"Kita harus menggunakan waktu ini untuk bersiap-siap jika ada lebih banyak orang yang terkonfirmasi terjangkit virus," katanya.


Menyusul berita kasus positif, ribuan warga langsung berbondong-bondong datang ke pusat vaksinasi untuk mendapatkan suntikan Covid-19 mereka.


Menteri Kesehatan Tonga 'Amelia Tuʻipulotu mengatakan tingginya jumlah orang yang mau disuntik selama beberapa hari terakhir akan meningkatkan cakupan vaksinasi nasional.


"Lebih banyak orang datang karena sekarang kami memiliki cakupan dosis pertama sekitar 86% dan dosis kedua sekitar 62%, jadi ini adalah jumlah pemilih yang besar hari ini dan akan meningkatkan cakupan keseluruhan dari vaksinasi pertama dan lengkap," kata Tuʻipulotu dikutip dari Matangi Tonga.


Tonga adalah negara Polinesia dengan lebih dari 170 pulau Pasifik Selatan dan rumah bagi sekitar 100.000 orang. Kepulauan ini terletak sekitar 800 kilometer di sebelah timur Fiji dan 2.380 kilometer dari Selandia Baru.


Meskipun belum melaporkan kasus Covid-19 sampai sekarang, negara kepulauan itu menyatakan keadaan darurat pada Maret 2020 dan menutup perbatasannya untuk warga negara asing.


Seperti negara-negara kepulauan Pasifik lainnya, tindakan awal Tonga melindunginya dari wabah Covid-19 yang bisa saja memporak-porandakan negara, di mana 22,1% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan nasional serta fasilitas dan peralatan medis yang terbatas.


Tetapi langkah-langkah perjalanan yang ketat telah sangat berdampak pada ekonomi negara-negara kepulauan Pasifik, terutama yang bergantung pada pariwisata.


Negara-negara Pasifik Tuvalu dan Nauru adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak melaporkan infeksi Covid-19. Turkmenistan dan Korea Utara juga belum secara resmi melaporkan kasus apa pun, meskipun para ahli mengatakan klaim itu tidak mungkin benar. ***Jeremy Foster


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved