Headlines News :
Home » » I Wayan Sudirta Sambut Baik Terpilihnya Jerinx Jadi Duta Anti Narkoba

I Wayan Sudirta Sambut Baik Terpilihnya Jerinx Jadi Duta Anti Narkoba

Written By Info Breaking News on Sabtu, 06 November 2021 | 15.01


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta menyambut baik keputusan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali yang menunjuk musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx sebagai duta anti narkoba.

Ia menilai langkah ini menjadi terobosan dalam kampanye untuk mendekati generasi milenial yang rawan terjerat narkoba.


"Pengangkatan Jerinx sebagai duta anti narkoba Provinsi Bali menurut saya merupakan keputusan yang baik. BNN Bali dapat dikatakan telah membuka diri dan pandangannya bahwa diperlukan terobosan untuk mengubah cara-cara kampanye anti narkoba sebelumnya yang cenderung kaku dan bersifat formal," kata Wayan Sudirta dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (5/11/2021).


Hal serupa, lanjutnya, telah dilakukan oleh BNN dengan menjadikan band Slank sebagai duta anti narkoba pada 2014 silam. 


Menurutnya, generasi milenial yang disematkan kepada anak muda saat ini merupakan bentuk perubahan dan kemajuan zaman dan teknologi. Cara bersosialisasi mereka saat ini juga cenderung lebih bebas dan mandiri. Cara pandang dan cara hidup generasi milenial ini lebih suka melihat sosok idola atau panutuan yang memang dapat mengerti dan memahami kehidupan mereka.


"Generasi saat ini tidak menyukai cara-cara formal yang mereka nilai sangat kaku," ungkapnya.


Ia pun berharap agar Jerinx, sosok yang dekat dengan generasi milenial, dapat menyukseskan kampanye anti narkoba terutama di Bali. Hal ini mengingat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Bali mencapai 15.000 orang.


"Apalagi 70% dari mereka adalah yang masih berusia produktif yang berkisar antara 15 tahun sampai 35 tahun," tuturnya.


Dengan kondisi itu, Wayan Sudirta meminta Jerinx secara aktif menyosialisasikan bahaya narkoba, pentingnya menjauhi narkoba dan pergaulan yang terindikasi sebagai sarang narkoba yang patut dilawan oleh masyarakat maupun BNN dan pemerintah. 


Selain itu, BNN juga perlu secara signifikan mencegah peredaran narkoba, melakukan edukasi dan menegakkan hukum secara tegas. BNN juga diharapkan membuat indikator yang terukur agar biaya besar dari negara untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak sia-sia.


"Indikator ini penting agar jangan sampai dipilihnya tokoh tertentu sebagai duta anti narkoba tidak linear dan tidak berdampak untuk pencegahan narkoba. Kita harap dengan bertambahnya anggaran negara untuk penanganan narkoba kemudian ada tokoh-tokoh masyarakat dipilih sebagai duta anti narkoba, maka jumlah penyalahgunaan dan terpidana narkoba menjadi semakin sedikit. Masyarakat minta agar korban narkoba menurun, terpidana narkoba di lapas juga secara signifikan menurun sampai nanti benar-benar bebas dari narkoba," paparnya.


Wayan Sudirta menekankan, memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan hal penting. Untuk itu keselamatan seluruh warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa harus menjadi acuan utama. ***Jeremy Foster

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved