Headlines News :
Home » » Junimart Girsang Minta Menteri Sofyan Djalil Mundur dari Jabatan

Junimart Girsang Minta Menteri Sofyan Djalil Mundur dari Jabatan

Written By Info Breaking News on Kamis, 21 Oktober 2021 | 11.08

Junimart Girsang

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Hal ini menyusul banyaknya konflik pertanahan yang terjadi antara masyarakat dan pengusaha. Khususnya, akibat pemberian ijin Hak Guna Usaha (HGU) serta Hak Guna Bangunan (HGB) kepada para pengusaha oleh Kementerian ATR/BPN yang seringkali mengesampingkan hak hukum atas tanah masyarakat.


"Menteri ATR/ BPN Sofyan Djalil seharusnya sebagai seorang sosok pemimpin dan akademisi yang mumpuni sebaiknya mengundurkan diri dari Kabinet Presiden Jokowi," ungkapnya melalui keterangan resmi, Rabu (20/10/2021).


Hal tersebut diperparah dengan maraknya aksi mafia tanah yang justru melibatkan para oknum dari Kementerian ATR/BPN. Junimart menilai hal tersebut disebabkan oleh aksi pembiaran yang selama ini dilakukan oleh Sofyan Djalil kepada para bawahannya.


"Permafiaan ini diamini oleh Sofyan Djalil dan memang ada yang dilakukan secara sistemik dan terstruktur. Menurut saya ini adalah buah dari pola pembiaran yang selama ini dilakukan oleh Menteri Sofyan Djalil," katanya.


Politikus PDI Perjuangan tersebut melanjutkan, jika Sofyan Djalil tidak bersedia mengundurkan diri, Presiden Joko Widodo harus bertindak tegas dengan mencopot jabatannya. Sebab, pemberian HGU, HGB, dan izin lainnya kepada para pengusaha di beberapa daerah merugikan masyarakat.


"Lebih baik Presiden Jokowi mencopot Sofyan Djalil. Karena hasil temuan kami di Komisi II ketika melakukan kunjungan-kunjungan kerja ke daerah, menemukan pemberian HGU dan dan hak tanah lainnya kepada para pengusaha jelas-jelas telah merugikan masyarakat," pungkasnya. ***Juwandi Supriyadi

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved