Headlines News :
Home » » Asosiasi Pilot Garuda Keberatan Wajib PCR untuk Penerbangan

Asosiasi Pilot Garuda Keberatan Wajib PCR untuk Penerbangan

Written By Info Breaking News on Selasa, 26 Oktober 2021 | 10.15


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Asosiasi Pilot Garuda (APG) merasa keberatan terkait kebijakan wajib tes PCR dengan sampel maksimal 2x24 dari keberangkatan bagi penumpang pesawat dari dan ke Pulau Jawa dan Bali yang tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali beserta Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 88 tahun 2021.

Plt Presiden APG Capt. Donny Kusmanagri menjelaskan, APG mengapresiasi pencapaian pemerintah yang berhasil menekan penularan Covid-19, mendukung vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan (prokes), terutama terhadap pelaku perjalanan dalam negeri. 


"Namun, penerapan aturan di atas sangat kami sayangkan mengingat pemulihan ekonomi dari sektor transportasi udara dan pariwisata dalam 2 bulan terakhir sudah menunjukkan proses membaik cukup signifikan," kata Donny dalam keterangan resmi, Selasa (26/10/2021).


Ia menilai, ketika aturan persyaratan perjalanan moda transportasi udara diperketat maka akan memberatkan calon penumpang. Hal ini lantas berdampak langsung kepada berkurangnya tingkat keterisian pesawat yang berujung dengan pukulan keras terhadap sektor pariwisata.


"Teknologi pesawat juga dilengkapi dengan HEPA filter yang berfungsi mencegah penularan virus di dalam pesawat dan berdasarkan penelitian dari berbagai pihak menunjukkan angka penularan Covid-19 di pesawat sangat kecil dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Prokes yang ketat serta persyaratan vaksinasi juga diterapkan baik bagi awak pesawat maupun penumpang," jelas dia.


Donny pun berharap agar kementerian dan pihak-pihak terkait melakukan peninjauan kembali dengan tetap memperhatikan kondisi perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di lndonesia. ***Winda Syarief


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved