Headlines News :
Home » » Antisipasi Gelombang Ketiga

Antisipasi Gelombang Ketiga

Written By Info Breaking News on Minggu, 24 Oktober 2021 | 14.33


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Ganip Warsito, Ketua Satuan TUgas (Satgas) Penanganan Covid-19  menyampaikan, para ahli memprediksi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 pada Desember 2021.

“Karena di situlah liburan Natal dan Tahun Baru, kemudian (terdapat) pergantian cuaca. Ini yang menjadi ancaman peningkatan (kasus) Covid-19”, kata Ganip, dilansir dari siaran pers pada laman covid19.go.id, Senin (18/10/2021).

Sejumlah pakar berpendapat bahwa gelombang ketiga COVID-19 bisa saja terjadi mendekati akhir tahun.  Mengingat puncak COVID-19 pada Juli lalu terjadi setelah libur lebaran atau Idul Fitri.

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Guru Besar FKUI Prof Tjandra Yoga Aditama pun memiliki pandangan tersendiri terkait hal tersebut. Menurutnya, perkiraan gelombang ketiga COVID-19 ini dibuat berdasarkan pertimbangan tertentu.

Prof Tjandra menilai kenaikan kasus sebenarnya akan tergantung juga dari 7 hal berikut:

1. Seberapa patuh kita semua pada 3 atau 5 M

2. Seberapa ketat kebijakan PPKM oleh pemerintah sesuai derajat yang ada

3. Sebaik apa kita memantau data perkembangan kasus dari waktu ke waktu, dan kalau ada kenaikan maka seberapa ketat pembatasan sosial diberlakukan

4. Seberapa cepat vaksinasi ditingkatkan. India yg penduduknya 4 kali kita sudah menyuntik 8 juta orang sehari, maka target kita 2 juta sehari rasanya cukup tepat dan semoa dapat dicapai. India juga sudah memvaksin 1 milyar penduduknya.

5. Seberapa aktif tes dan telusur dilakukan. India kasusnya juga sudah landai, peringkat di Nikkei lebih baik dari kita, dan India sekarang ini 1,5 juta sehari, jadi kalau kita seperempatnya maka baiknya sekitar 400 ribu, dan telusur dilakukan pada 15 kontak dari kasus yang ada.

6. Bagaimana kita mengendalikan pintu masuk negara dalam antisipasi kemungkinan peningkatan kasus dari mereka yang datang dari luar negeri.

7. Ada tidaknya varian baru yang muncul, dan kalau ada apakah akan lebih menular atau tidak

"Jadi yang paling penting sekarang adalah berupaya maksimal agar kasus dapat tetap terjaga rendah," pungkasnya.*** Candra Wibawanti 



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved