Headlines News :
Home » » Waspada 9 Celah Penularan Covid-19 Berikut Ini

Waspada 9 Celah Penularan Covid-19 Berikut Ini

Written By Info Breaking News on Minggu, 15 Agustus 2021 | 11.42


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Beraktivitas di tengah pandemi, kita kerap diingatkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain serta rajin membersihkan tangan.

Terlebih dengan munculnya varian Delta, protokol kesehatan wajib dipatuhi guna mencegah semakin meluasnya penularan Covid-19.


Kendati beberapa orang sudah divaksin Covid-19 lengkap dan vaksin ini terbukti mencegah Covid-19 gejala berat dan kematian, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang sudah divaksin Covid-19 menularkan virus corona. 


Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat menyebar dari mulut atau hidung penderita lewat partikel kecil ketika mereka batuk, bersin, bicara, atau bernapas. 


Menurut penelitian yang berkembang saat ini, virus corona tersebut bisa menular dari penderita ke orang sekitarnya terutama yang melakukan kontak dekat tanpa masker dalam jarak satu meter. 


Seseorang bisa tertular Covid-19 ketika aerosol atau tetesan kecil cairan yang mengandung virus corona terhirup atau masuk melalui mata, hidung, atau mulut. 


Mereka yang berada di ruangan tertutup dengan ventilasi udara yang buruk dan ramai banyak orang juga mudah terpapar corona. Hal itu disebabkan partikel aerosol bisa melayang-layang di udara atau mengambang di ruangan berventilasi buruk. 


Penularan Covid-19 juga bisa terjadi ketika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus corona lalu menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa membersihkan tangan.


Dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP(K) lewat Webinar Isolasi Mandiri Pasien Covid-19, Jumat (3/7/2021) menjabarkan, ada beberapa celah penularan Covid-19 yang perlu diwaspadai, yakni: 


1. Makan bersama dengan orang yang tidak tinggal serumah atau status kesehatannya tidak diketahui dengan pasti 


2. Menghadiri pemakaman atau melayat, karena rentan kerumunan 


3. Pertemuan atau rapat tatap muka, terlebih apabila dilakukan dalam waktu lama dan di ruangan tertutup (indoor) 


4. Olahraga bersama, terlebih jika dilakukan di ruangan tertutup atau dilakukan beramai-ramai dengan orang lain tanpa masker 


5. Melepas masker saat sesi foto bersama di suatu acara 


6. Menghadiri acara kumpul-kumpul, tirakatan, pernikahan 


7. Menerima kunjungan tamu ke rumah; biasanya celah penularan justru berasal dari orang terdekat seperti anak, menantu, cucu, kerabat, atau teman yang dianggap dekat dan berkunjung tanpa masker 


8. Naik transportasi umum 


9. Mengunjungi mal, restoran, atau tempat umum yang ramai pengunjung 


Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dan orang terdekat dari virus corona, seperti berikut ini:


1. Menjaga jarak setidaknya dari satu meter dari orang lain, bahkan jika orang lain tersebut tampak sehat karena bisa jadi penderita Covid-19 tanpa gejala 


2. Selalu gunakan masker dengan benar. Terutama jika tidak bisa menjaga jarak aman dari orang lain, berada di dalam ruangan tertutup, atau ada anggota keluarga di rumah yang sakit. Pastikan masker sudah rapat menutup hidung dan mulut 


3. Hindari tempat ramai, tempat tertutup, dan tempat yang punya ventilasi udara buruk. Jika terpaksa di tempat seperti itu, habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dan selalu gunakan masker 


4. Sering membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer) 


5. Tutupi batuk dan bersin dengan siku atau tisu, lalu segera buang tisu bekas ke tempat sampah tertutup. Setelah itu, cuci tangan sampai bersih 


6. Jika sudah dapat giliran vaksin Covid-19, jangan lewatkan kesempatan divaksinasi. 


Dengan cara-cara di atas, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari penularan virus Covid-19. Ingat, selalu patuhi protokol kesehatan demi kesehatan Anda dan kerabat tercinta. ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved