Headlines News :
Home » » Peneliti di Wuhan Klaim Varian Covid-19 yang Lebih Mematikan akan Segera Muncul

Peneliti di Wuhan Klaim Varian Covid-19 yang Lebih Mematikan akan Segera Muncul

Written By Info Breaking News on Sabtu, 07 Agustus 2021 | 12.11

Ahli virologi Shi Zhengli

WUHAN, INFO BREAKING NEWS - Shi Zhengli, seorang peneliti terkenal ddi laboratorium Wuhan, Tiongkok meminta warga dunia waspada terhadap munculnya varian Covid-19 yang lebih mematikan.

Ahli virologi yang dijuluki “perempuan kelelawar” karena dedikasinya meneliti virus pada kelelawar selama 16 tahun terakhir tersebut adalah sosok pertama yang membongkar genome SARS-Cov-2, ketika pertama terdeteksi di Desember 2019.


Dalam wawancara terbaru, Shi mengingatkan dunia bisa kembali dihantam varian Covid-19 yang lebih mematikan. "Karena jumlah kasus infeksi terlalu besar, memungkinkan corona untuk bermutasi," kata Shi Zhengli kepada media Tiongkok, People's Daily.


Pernyataan tersebut muncul setelah beredar klaim varian terbaru akan membunuh lebih dari sepertiga yang terpapar. Dokumen yang dipublikasikan Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE) menyatakan, galur virus corona di masa depan bisa seperti MERS.


Panel yang menjadi penasihat di kala pandemi itu mengatakan, mutasi tersebut dimungkinkan jika virusnya beredar luas. Sebelumnya pada awal tahun ini, Shi membantah dengan keras klaim bahwa corona bocor dari tempat kerjanya di Wuhan. 


"Lab saya tidak pernah melakukan penelitian gain-of-function yang bisa meningkatkan kapasitas virus," katanya kepada New York Times.


Shi menekankan klaim yang menyebutkan labnya menyimpan rahasia penyebaran Covid-19 adalah spekulasi yang berakar pada ketidakpercayaan total. 


"Ini sudah bukan ranah sains lagi. Saya tidak takut apa pun karena saya tidak melakukan kesalahan," tegas Shi.  


Lebih lanjut ia juga menyanggah rumor tiga peneliti di tempatnya memeriksakan diri ke rumah sakit pada November 2019 dengan gejala mirip corona. ***Ira Maya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved