Headlines News :
Home » » Patuh Prokes dan Vaksinasi Kunci Indonesia Bebas dari Pandemi

Patuh Prokes dan Vaksinasi Kunci Indonesia Bebas dari Pandemi

Written By Info Breaking News on Sabtu, 14 Agustus 2021 | 10.56

Presiden Jokowi saat bertugas menjadi inspektur acara dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-60, Sabtu (14/8/2021)

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta percepatan vaksinasi Covid-19 dipercaya menjadi kunci utama bagi Indonesia untuk keluar dari jeratan pandemi.

“Kunci utama untuk bisa keluar dari pandemi adalah kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” kata Presiden Jokowi yang menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021).


Upacara yang mengusung tema “Berbakti Tanpa Henti” tersebut dihadiri pula oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, Ketua Umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, seluruh ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, dan para anggota Gerakan Pramuka di berbagai daerah di Tanah Air.


Jokowi menyebut ini merupakan tahun kedua bangsa Indonesia memperingati Hari Pramuka dalam suasana pandemi. Biasanya Hari Pramuka dirayakan dengan upacara di lapangan, yang diikuti peserta lengkap dari Saka dan anggota Pramuka yang berbaris rapi.


“Tahun ini, kita lakukan secara virtual mengikuti upacara dari tempat masing-masing dengan jumlah peserta dibatasi, disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita semua terlindungi dari penyebaran Covid-19,” ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus menyampaikan terima kasih kepada anggota Gerakan Pramuka di seluruh Tanah Air, karena di masa pandemi ini anggota Gerakan Pramuka secara bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi di lingkungannya masing-masing.


“Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka-terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan,” tuturnya.


Jokowi menyebut Pramuka Indonesia harus menjadi contoh, menjadi teladan, tangguh menghadapi tiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu, meringankan beban keluarga, saudara, dan tetangga.


Pramuka Indonesia, lanjutnya, juga harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin untuk mencuci tangan di tiap saat, dan disiplin untuk menghindari kerumunan.


“Pramuka Indonesia harus berada di barisan terdepan melindungi diri, melindungi teman-teman, dan melindungi keluarga yang kita sayangi. Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan diingatkan, beri penjelasan, beri pengertian. Kalau ada teman yang sudah berusia di atas 12 tahun yang belum divaksin ajak untuk segera divaksin,” pungkasnya. ***Juenda

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved