Headlines News :
Home » » Jokowi Lantik Gubernur Kalimantan Selatan Di Istana negara

Jokowi Lantik Gubernur Kalimantan Selatan Di Istana negara

Written By Info Breaking News on Rabu, 25 Agustus 2021 | 16.56

Presiden Joko Widodo saat melantik Gubernur Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan  H. Muhiddin

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Secara resmi Presiden Joko Widodo ( Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024 Sahbirin Noor dan H Muhiddin Rabu (25/8/2021).

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tersebut setelah Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar bersama pejabat terkait, mengikuti rapat terbatas dengan pihak Sekretariat Negara dan Protokol Istana secara virtual di Banjarbaru, Selasa (24/8/2021) siang.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/8) dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan (SK) Presiden di Istana Merdeka, Jakarta. 

Keduanya kemudian melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara bersama dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. 

Pelantikan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih digelar berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 105/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan. 

Surat keputusan tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. Presiden pun mengambil sumpah jabatan terhadap Sahbirin Noor dan Muhiddin. 

“Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur atau wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata presiden yang diikuti oleh kedua orang itu. 

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Usai pelantikan, Sahbirin Noor mengaku akan segera menjalankan program-program skala prioritas untuk kepentingan rakyat, utamanya dalam menangani pandemi Covid-19. "Langkah-langkah yang akan kami ambil setelah pelantikan ini tentu saja adalah konsolidasi organisasi," ujar Sahbirin Noor.

"Selanjutnya menjalankan segala program yang sudah ada, dan menyinergikan dengan pemerintah pusat, provinsi tentunya dan kabupaten/kota terlebih khusus di dalam menghadapi pandemi Covid-19."

Sahbirin yang lahir di Banjarmasin, Kalsel pada 12 November 1967 adalah gubernur petahana Provinsi Kalsel, periode 2016-2021. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Kelayan Luar dan Kelurahan Pemurus Baru.

Sedangkan Muhiddin, yang lahir di Binuang, Kalsel, pernah menjabat sebagai Wali Kota Banjarmasin periode 2010—2015.

Pasangan Sahbirin-Muhiddin yang menjadi pemenang Pilkada Serentak 2020, didukung PDI Perjuangan, Golkar, PAN, PKS, Nasdem, dan PKB.

Pilkada serentak untuk pemilihan gubernur-wakil gubernur, digelar pada 9 Desember 2020 di sembilan provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.*** Lisa Afrida Fachriany

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved