Headlines News :
Home » » Indonesia Raih Sukses di Tengah Perang Dagang AS-China

Indonesia Raih Sukses di Tengah Perang Dagang AS-China

Written By Info Breaking News on Minggu, 15 Agustus 2021 | 12.21


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyebut perang dagang antara Amerika Serikat dan China justru menjadi berkah bagi Indonesia. Sebab, selama Amerika menutup akses bagi perdagangan China, nilai ekspor Indonesia ke Amerika naik cukup signifikan.

Hingga Januari 2021, surplus perdagangan Indonesia ke Amerika Serikat mencapai USD 6,5 miliar. Bila ini terus berlanjut hingga akhir tahun, bukan tidak mungkin nilainya bisa mencapai USD 13 miliar, melesat hingga lebih dari 30 persen.


"Kalau konsisten dari Juli sampai Desember, ini akan menjadi USD 13 miliar, pertumbuhannya lebih dari 30 persen," tutur Lutfi dalam Bincang-bincang Diaspora bersama Menteri Perdagangan, Jakarta, Sabtu (14/8/2021) malam.


Selain itu, selama masa pandemi dengan berbagai kebijakan pengurangan mobilitas, ekspor non migas Indonesia kata Lutfi hanya turun USD 600 juta. Angka ini dinilai lebih baik dibandingkan penurunan ekspor yang terjadi pada tahun 2016 lalu.


"Turunnya minimum dan elastisitasnya positif di 2021, ini pertumbuhan yang luar biasa," ungkapnya.


Sementara itu, kinerja impor mengalami pertumbuhan hingga 28 persen. Dia menilai, angka ini tidak begitu menjadi masalah mengingat produk yang diimpor berupa bahan baku dan bahan pendukung dalam produksi industri manufaktur yang nantinya akan kembali di ekspor.


Selain itu, selama pandemi Covid-19 berlangsung, Indonesia juga kebanjiran orderan produk ekspor lantaran pabrik-pabrik di China dan Vietnam kewalahan sehingga tak mampu menyediakan produk ekspor. Akibatnya pesanan produk tersebut lari ke Indonesia.


"China dan Vietnam mereka juga enggak bisa penuhi kuota ekspornya, tapi Indonesia masih bisa. Jadi saya lihat kita banyak dapat order karena Indonesia lebih reliable," jelasnya.


Di sisi lain, Lutfi mengaku tingkat ekspor produk UMKM Indonesia masih terbatas. Ini terjadi karena pelaku UMKM di Indonesia masih mengalami berbagai kendala seperti akses menembus pasar ekspor, permodalan, jaringan dan kualitas produk yang kurang konsisten karena keterbatasan modal.


Namun, UMKM Indonesia memiliki keunggulan yang tidak banyak dimiliki orang lain, yakni inovasi. Tren inovasi ini menjadi barang mahal. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk memberikan dukungan dari berbagai kelemahan yang dimiliki UMKM untuk bisa bersaing di pasar global.


"Inovasi ini menjadi terobosan UMKM untuk bisa bersaing di pasar global," pungkasnya. ***Radinal

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved