Headlines News :
Home » » Barcelona Terancam Rugi Rp 3,5 Triliun Setelah Ditinggal Messi

Barcelona Terancam Rugi Rp 3,5 Triliun Setelah Ditinggal Messi

Written By Info Breaking News on Selasa, 10 Agustus 2021 | 11.18


BARCELONA, INFO BREAKING NEWS - Klub sepakbola Barcelona terancam kehilangan Rp 3,5 triliun pasca ditinggal oleh sang bintang, Lionel Messi.

Dari segi teknis, pemain Argentina itu akan meninggalkan kekosongan di tim utama asuhan Ronald Koeman. Kepergian Messi itu dinilai mustahil untuk digantikan. Dari sisi keuangan pun Barcelona juga akan sangat terpukul.


Menurut sebuah laporan oleh Brand Finance, kepergian Messi akan menurunkan nilai merek Barcelona sebesar 11%, yang berarti mereka bisa kehilangan 137 juta euro atau nyaris setara Rp 2,2 triliun dari penilaian yang diberikan brand mereka pada tahun 2021.


Laporan mereka untuk tahun 2021 mengatakan bahwa Barcelona hanya berada di belakang Real Madrid sebagai merek sepakbola paling berharga kedua di dunia.


Selain itu, Barcelona dilaporkan juga akan menderita kerugian di tingkat komersial, karena penjualan kostum replika dan merchandising lainnya akan jauh menurun setelah Messi hengkang. Ini dapat menyebabkan klub kehilangan sebanyak 77 juta euro atau setara dengan Rp 1,3 triliun dalam pendapatan komersial saja.


Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di tubuh Real Madrid yang nilai klubnya turun 19% setelah ditinggal Cristiano Ronaldo pada 2018 silam. ***Abdul Rochman

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved