Headlines News :
Home » » Jepang Jadwalkan Pengiriman 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Taiwan

Jepang Jadwalkan Pengiriman 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Taiwan

Written By Info Breaking News on Rabu, 07 Juli 2021 | 12.35

Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi

TOKYO, INFO BREAKING NEWS - Jepang dilaporkan akan kembali menyumbangkan 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 Astrazeneca ke Taiwan minggu ini. Seperti dilaporkan AP, Selasa (6/7/2021), bantuan vaksin dikirim untuk membantu pulau yang berpemerintahan sendiri itu memerangi wabah Covid-19 terburuknya di tengah perjuangan untuk mendapatkan vaksin.

Taiwan, yang hanya memiliki sedikit kematian sebelum wabah terbaru, telah mencatat angka kematiannya melonjak menjadi lebih dari 700. Jumlah kasus baru setiap hari telah berkurang, tetapi pihak berwenang melaporkan 29 pada hari Selasa dan 17 kasus kematian lagi.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan vaksin Astrazeneca akan dikirim pada Kamis (8/7/2021). Ini merupakan kali kedua jepang mengirimkan paket vaksin ke Taiwan setelah sebulan sebelumnya menyumbangkan 1,24 juta dosis Astrazeneca.


Banyak negara berjuang untuk mendapatkan vaksin karena produsen menghadapi penundaan dalam meningkatkan produksi dengan cepat. Taiwan menyalahkan Tiongkok karena ikut campur dalam upayanya untuk membeli vaksin. Pulau yang berpemerintahan sendiri itu diketahui tengah mengembangkan vaksin sendiri tetapi persetujuannya masih tertunda.


Sementara itu, Jepang menginokulasi warganya sendiri dengan dosis Pfizer dan Moderna. Hingga saat ini Jepang belum berencana menggunakan Astrazeneca, yang diproduksi di Jepang berdasarkan kesepakatan lisensi. Jepang juga dikabarkan masih mengembangkan vaksin di dalam negeri yang belum pasti.


Secara bilateral, Jepang telah menyumbangkan masing-masing 1 juta dosis vaksin Astrazeneca ke Vietnam, Indonesia dan Malaysia. Pengiriman serupa direncanakan untuk Thailand dan Filipina pada akhir bulan ini.


Motegi mengatakan Jepang juga menyumbangkan 11 juta dosis ke negara-negara kepulauan Asia Tenggara dan Pasifik melalui Covax, inisiatif global untuk menyediakan vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah, setelah pertengahan Juli. Pengiriman itu adalah bagian dari janji Jepang bulan lalu untuk menyumbangkan 30 juta dosis vaksin melalui Covax dan saluran lainnya.


Sumbangan Tokyo ke Taiwan juga menandakan dukungannya untuk pulau itu karena Tiongkok meningkatkan tekanannya pada wilayah yang diklaimnya sebagai miliknya. Jepang tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Tiongkok di bawah kebijakan satu-Tiongkok, tetapi memiliki hubungan ekonomi dan meningkatkan hubungan keamanan.


Pada Selasa, Motegi menekankan persahabatan Jepang dengan Taiwan dan memperbarui penghargaannya atas dukungan Taipei kepada Jepang selama bencana tsunami 2011. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved