Headlines News :
Home » » Angka Kematian Covid-19 Meroket, Thailand Bersikeras Buka Kawasan Wisata Phuket

Angka Kematian Covid-19 Meroket, Thailand Bersikeras Buka Kawasan Wisata Phuket

Written By Info Breaking News on Kamis, 01 Juli 2021 | 14.00


BANGKOK, INFO BREAKING NEWS - Meski baru mencatat angka kematian Covid-19 harian tertinggi, Thailand kukuh membuka kawasan wisata Phuket tanpa karantina.

Rencana pembukaan lagi destinasi wisata terkenal Thailand tersebut diatur melalui skema Phuket sandbox dan dimulai pada Kamis (1/7/2021). Dalam skema tersebut, turis yang sudah mendapatkan vaksin virus corona bisa berkunjung ke sana tanpa harus dikarantina terlebih dahulu.


Langkah ini diambil demi menghidupkan kembali industri pariwisata Thailand yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Thailand kini tengah berusaha menahan gelombang ketiga virus corona dengan memberlakukan pembatasan sosial di Bangkok dan sekitarnya.


Di Bangkok sendiri, kasus Covid-19 varian Alpha maupun varian Delta sudah menyebar luas.


Pada Rabu (30/6/2021), negara kerajaan tersebut mencatatkan rekor kasus kematian harian tertinggi akibat Covid-19 yakni sebanyak 53 orang. Meski demikian, pihak berwenang mengatakan, rencana pembukaan kembali Phuket akan tetap berjalan sesuai rencana. 


Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Taweesin Visanuyothin menuturkan, sekitar 250 turis dijadwalkan mendarat di pulau itu pada Kamis melalui empat penerbangan. Kembalinya wisatawan di sana akan membuat sektor bisnis bisa bergeliat kembali. 


Sebelum pandemi, Thailand biasanya menyambut sekitar 40 juta turis setiap tahunnya. Bahkan, sekitar 18 persen PDB negara disumbang oleh pariwisata. Tapi selama lebih dari setahun, pantai-pantai berpasir di Phuket sangat sepi akibat pandemi dan lebih dari 80 persen hotel di sana tutup. 


Untuk mempersiapkan pembukaan kembali, dua pertiga dari populasi Phuket telah disuntik vaksin virus corona. Di lingkungan Pantai Patong yang terkenal, para pedagang sibuk mempersiapkan diri pada Rabu sebelum dibuka untuk turis kembali. "Setiap orang dan setiap profesi yang terkait dengan pariwisata telah terpengaruh," kata salah satu warga, Thewan Phromyang (49), yang menyewakan kursi berjemur.


Kendati demikian, dalam skema Phuket sandbox, ada sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah para turis harus tinggal di Phuket selama 14 hari jika ingin bepergian ke tempat lain di Thailand dan selama 14 hari tersebut, mereka juga harus menjalani tes Covid-14 sebanyak tiga kali. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved