Headlines News :
Home » » Uniknya Kampung Janda di Kalimantan

Uniknya Kampung Janda di Kalimantan

Written By Info Breaking News on Sabtu, 12 Juni 2021 | 11.13


BANJARBARU, INFOBREAKINGNEWS - Sebuah kampung di Banjarbaru, Kalimantan Selatan menjadi sorotan lantaran mayoritas warganya adalah para janda yang sudah ditinggal suami, entah karena meninggal dunia atau perceraian.

Awal beredarnya kabar mengenai kampung janda ini terjadi beberapa tahun lalu saat seorang wartawan melakukan wawancara dengan salah satu warga yang jadi korban banjir. Warga tersebut mengaku bahwa banyak korban banjir mayoritas adalah para janda. Sejak saat itu kampung itu disebut kampung janda.


Semakin hari, di kampung tersebut semakin banyak perempuan dengan status janda bermunculan seiring berjalannya waktu. Entah apa yang mendasari fenomena aneh ini.


Bila dihitung dari semua warga, cuma ada 3 keluarga atau 3 rumah saja di kampung itu yang tidak memiliki janda. Para janda di kampung ini ada yang menjadi kepala rumah tangga, ada juga yang menjadi anak dari ibu, tetapi keduanya sama-sama sudah jadi janda. 


Menurut informasi, janda di kampung ini bervariasi usianya. Yang paling muda ada yang berumur 20 tahun namun sudah menjadi. Hal tersebut dikarenakan cukup tingginya angka pernikahan muda di kampung ini. Wanita-wanita muda banyak yang sudah menikah lalu dicerai suaminnya.


Sementara itu, janda paling tua di kampung ini berusia 50 tahun ke atas. Sebagai kepala rumah tangga para janda harus menghidupi diri sendiri dan anak-anaknya. Mereka pun harus bekerja untuk mendapatkan uang. 


Karena banyak orang yang penasaran dengan kampung janda ini, banyak orang yang datang ke lokasi tersebut untuk melihat langsung kehidupan para janda. Banyaknya wisatawan yang datang, memotivasi para janda memutar otak dengan membuat oleh-oleh khas dari kampung janda. Sejumlah oleh-oleh yang tersedia adalah kain khas Banjar yang disebut Sasirangan, batu mulia dan makanan ringan seperti amplang dan dodol. ***Asyifa Rizki


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved