Headlines News :
Home » » Patung Bung Karno Megah Berdiri di Halaman Kemenhan

Patung Bung Karno Megah Berdiri di Halaman Kemenhan

Written By Info Breaking News on Minggu, 06 Juni 2021 | 12.27

Patung Bung Karno di halaman Kementerian Pertahanan RI yang diresmikan pagi tadi

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Bertepatan dengan hari ulang tahun Bung Karno pada 6 Juni 2021, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama dengan Megawati Soekarnoputri meresmikan Patung Soekarno yang kini berdiri tegak di halaman Kementerian Pertahanan.

Dalam sambutannya, Prabowo menjelaskan patung tersebut menggambarkan sejarah ketika Presiden Soekarno sebagai panglima tertinggi pertama, menjadi inspektur upacara hari Angkatan Perang Republik Indonesia, kini disebut Tentara Nasional Indonesia, di Yogyakarta, 5 Oktober 1946.


"Di mana untuk pertama kali kita menunjukan, bahwa Republik Indonesia memiliki angkatan perang yang siap mempertahanankan kemerdekaan," ujar Prabowo, Minggu (6/6/2021).


Kala itu, lanjutnya, sesuai dengan tradisi, para pimpinan tentara meminta kesediaan Bung Karno menjadi inspektur upacara di atas kuda. 


"Kita mengetahui sejarah, pada saat itu Bung Karno jarang naik kuda. Tetapi karena beliau sadar peran beliau sebagai panglima tertinggi, akhirnya beliau latihan hanya tiga hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda," ungkapnya.


Prabowo mengaku Kementerian Pertahanan merasa sangat bangga membuat patung panglima tertinggi menunggang kuda.


"Pada hari ini adalah tepat hari kelahiran Sang Proklamator, karena itu saya kira tepat bahwa kita memilih hari ini, dan ibu Megawati sebagai Presiden kelima sekaligus juga putri beliau bersedia hadir dan meresmikan patung ini," katanya.


Selanjutnya prabowo berharap agar para elemen bangsa bersama-sama berjuang agar nilai-nilai Bung Karno bertahan dan dipertahankan oleh seluruh generasi penerus di hari dan tahun mendatang.


"Semoga cita-cita beliau terwujud, Indonesia berdiri atas kaki kita sendiri, Indonesia dihormati seluruh bangsa di dunia, dan rakyat Indonesia meraih kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar senantiasa memberi kekuatan dan bimbingan kepada seluruh bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendahulu kita dipimpin oleh proklamator kita, Bung Karno," tuturnya. ***Abdul Rochman

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved