Headlines News :
Home » » Pakai Masker Dobel Lebih Efektif Cegah Covid-19

Pakai Masker Dobel Lebih Efektif Cegah Covid-19

Written By Info Breaking News on Rabu, 23 Juni 2021 | 03.41

ilustrasi gunakan masker dobel

Sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, setiap orang diharuskan menaati protokol kesehatan, termasuk memakai masker. Ada beberapa jenis masker yang umum dipakai, yakni masker kain, masker bedah, dan masker KN95.

Saat kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak, sejumlah pihak menyarankan untuk memakai masker dobel, yakni memakai dua masker, bukan hanya satu.

Lantas, apakah pemakaian masker dobel lebih efektif mencegah Covid-19?

Berikut penjelasannya menurut pendidik keperawatan Deborah Weatherspoon PhD RN CRNA, dilansir dari Healthline, 4 Maret 2021.

Menutup wajah dengan sempurna Banyak jenis masker yang saat dipakai masih meninggalkan celah. Melalui celah tersebut, udara masih bisa keluar dan masuk.

Pemakaian masker yang tidak menutup wajah dengan sempurna memungkinkan adanya tetesan pernapasan yang mengandung virus keluar atau masuk ke dalam masker.

Dengan memakai masker dobel, risiko ini dapat dicegah. Masker kedua yang dipakai di luar akan lebih menekan masker di dalamnya sehingga setiap celahnya bisa ditutupi.

Peningkatan filtrasi Virus penyebab Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan pernapasan ketika seseorang berbicara, batuk, dan bersin. Lapisan masker dobel membantu meningkatkan daya filtrasi.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun merekomendasikan pemakaian dua atau tiga lapis masker. Menambahkan masker kedua akan meningkatkan daya saring sehingga lebih efektif mencegah penularan virus melalui mulut.

Cara memakai masker dobel

Agar perlindungan yang didapat lebih optimal, berikut adalah beberapa cara memakai masker dobel yang benar.

1. Gunakan kombinasi masker yang tepat. CDC merekomendasikan untuk memakai masker kain di atas masker bedah

2. Hindari memakai dua masker bedah, kombinasi masker KN95 dengan jenis masker lainnya, dan kombinasi masker N95 dengan masker lainnya

3. Sebelum dipakai di luar rumah, pastikan masker dobel yang digunakan tidak mengganggu pernapasan serta menutup mulut dan wajah secara sempurna

4. Pakai masker dobel saat beraktivitas di luar rumah, misal saat berbelanja, mengunjungi dokter, dan sebagainya.

Sementara itu, ada beberapa hal yang harus dihindari saat memakai masker karena bisa mengurangi efektivitasnya, hal-hal tersebut mencakup:

1. Tidak sepenuhnya menutup hidung dan mulut

2. Terlalu longgar atau terlalu ketat

3. Hanya memiliki satu lapisan kain

4. Masker dibuat dari bahan yang longgar, seperti masker rajut

5. Masker dibuat dari bahan yang menyulitkan pernapasan

Meski saat ini sudah tersedia vaksin Covid-19, memakai masker dan protokol kesehatan lainnya tetap wajib dilakukan untuk meminimalisasi penularan. *** Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved