Headlines News :
Home » » KY 'Panen' 1.011 Laporan Terkait Hakim Nakal

KY 'Panen' 1.011 Laporan Terkait Hakim Nakal

Written By Info Breaking News on Jumat, 11 Juni 2021 | 02.20


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Sebanyak 1.011 laporan terkait dugaan pelanggaran kode etik para hakim diterima oleh Komisi Yudisial (KY). Pelanggaran-pelanggaran tersebut dilakukan dalam kurun waktu sejak Januari hingga Mei 2021. 

Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY, Sukma Violeta, mengatakan jumlah ini 25 persen lebih banyak dari laporan tahun sebelumnya yang berjumlah 600.      

“Memang jumlah laporan naik 25 persen dibandingkan tahun lalu. Bahkan sebelum pandemi jumlahnya juga lebih sedikit,” kata Sukma dalam konferensi pers yang dilakukan secara online, Kamis (10/6/2021).  

Di masa pandemi Covid-19, jumlah laporan yang disampaikan langsung ke KY juga meningkat. Padahal, kondisi saat ini sangat dianjurkan untuk mengurangi tatap muka. 


“Kami berharap laporan yang disampaikan melalui media online karena eranya sudah 4.0. Pada 2021 ada banyak yang datang ke KY 177 laporan. Pada 2019 bahkan hanya 112 laporan yang datang ke KY,” jelas dia saat berbincang dengan Breaking News kemaren di Jakarta.


Sukma melanjutkan laporan terkait pelanggaran kode etik hakim dapat disampaikan melalui 12 kantor penghubung yang ada di berbagai daerah. KY mencatat sebanyak 123 laporan telah diterima, namun tidak semua lolos verifikasi.


“Kami melakukan proses verifikasi, mana laporan yang menjadi kewenangan kami dan mana yang bukan,” tandasnya. *** Emil F  Simatupang. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved