Headlines News :
Home » » Jangan Anggap Enteng, Sekarang Waktunya Pakai Masker Meski di Rumah

Jangan Anggap Enteng, Sekarang Waktunya Pakai Masker Meski di Rumah

Written By Info Breaking News on Rabu, 30 Juni 2021 | 14.16


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Mengingat semakin ganasnya penyebaran Covid-19 di Tanah Air, warga kini diminta untuk tetap mengenakan masker meskipun sedang berada di dalam rumah.

Imbauan ini disampaikan oleh Kementerian Kesehatan kepada anggota keluarga atau masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi di luar rumah. 


"Penularan Covid-19 di keluarga bisa karena droplet, tetesan cairan dari batuk dan bersin," ujar Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan, Erna Mulati. 


"Itulah sebabnya anggota keluarga yang mempunyai mobilitas tinggi atau mempunyai risiko hendaknya menggunakan masker meski berada di rumah, terutama yang tinggal dengan kelompok rentan seperti ibu hamil, balita, dan usia lanjut," imbuhnya.


Berbicara dalam seminar nasional bertema "Membangun Ketangguhan Keluarga: Membentuk Inisiatif dan Dukungan Kesehatan Jiwa" yang dilaksanakan secara daring, Erna juga meminta agar penerapan protokol kesehatan di dalam keluarga tidak dijadikan beban meski di dalam rumah. 


"Jangan menganggap enteng karena kita tidak pernah tahu apakah kita membawa virus atau tidak,” tuturnya.


Menurut dia, keluarga merupakan faktor penting untuk melawan Covid-19. Keluarga yang disiplin melaksanakan protokol kesehatan akan minim terpapar Covid-19. 


"Keluarga yang sadar akan protokol kesehatan akan melindungi seluruh anggota keluarganya dan juga orang lain di sekitarnya," kata dia.


Oleh karena itu, lanjutnya, seluruh anggota keluarga wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). 


Selain itu, anggota keluarga juga wajib memahami pentingnya 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Anggota keluarga yang terpapar harus aktif berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya. 


"Keluarga tangguh Covid-19 harus berani dan terbuka untuk 3T," kata Erna. 


Selain protokol kesehatan, ia mengharapkan, pemahaman soal vaksinasi di lingkungan keluarga juga baik sehingga tidak termakan isu negatif atau berita bohong. 


"Harapan kami seluruh anggota keluarga mendapatkan informasi yang benar. Dengan vaksinasi, akan melindungi keluarga dari Covid-19," pungkasnya. ***Candra Wibawanti


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved