Headlines News :
Home » » TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik

TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik

Written By Info Breaking News on Minggu, 23 Mei 2021 | 18.37


Jakarta, Info Breaking News - Dalam hasil survei terbaru dari Lembaga Riset Pusat Polling (Puspol) Indonesia, TNI menjadi lembaga yang meraih tingkat kepercayaan publik tertinggi yakni sebesar 95%.

Posisi kedua ditempati oleh lembaga Kepresidenan 82,2% dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan persentase 81%.


“Secara kelembagaan, masyarakat percaya kepada TNI. Kemudian lembaga Kepresidenan, dan KPK. Ini tiga lembaga pemerintah yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat,” tutur Direktur Eksekutif Puspol Indonesia Muslimin Tanja di Jakarta, Minggu (23/5/2021).


Selanjutnya, tingkat kepercayaan publik pada Polri terhitung sebesar 80,8%; pengadilan 74,6%; MPR 73,8%; DPD 69,9%. Sementara itu, tingkat kepuasan terhadap DPR dan partai politik (parpol) lebih rendah dibandingkan lembaga lainnya, yakni DPR 63,3% dan parpol 55,2%.


“Kalau kita lihat angka kepercayaan publik terendah itu ternyata DPR dan parpol. Jadi hasilnya memang tidak mengejutkan sebenarnya. Ini tentunya banyak faktor, apalagi saat ini dari berbagai kasus yang ada, yang paling disoroti kedua lembaga ini. Ini menjadi PR bagi bapak-bapak dewan dan parpol,” ungkapnya.


Perlu diketahui, Puspol Indonesia melakukan survei dengan metode multistep random sampling atau penarikan acak bertingkat. Responden pada survei kali ini berjumlah total 1.600 orang yang tersebar di 34 provinsi dengan rentang umur dari 17 hingga 40 tahun. Angka margin of error sebesar 2,45% pada tingkat kepercayaan 95%. ***Juenda

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved