Headlines News :
Home » » Polisi Maladewa Tangkap Tersangka Ledakan Melukai Mantan Presiden

Polisi Maladewa Tangkap Tersangka Ledakan Melukai Mantan Presiden

Written By Info Breaking News on Senin, 10 Mei 2021 | 12.07

Saat terjadi ledakan polisi segera memasang  pembatas garis kuning

Jakarta
, Info Breaking News - Mantan presiden dan ketua parlemen Maladewa Mohamed Nasheed terluka Kamis dalam ledakan di ibu kota Male. Ini dikonfirmasi oleh pihak berwenang.
 
Wakil Ketua Eva Abdulla mengatakan, dalam tweet bahwa Nasheed menjalani perawatan di Rumah Sakit ADK di ibu kota Male.
 
"Kami akan terus menginformasikan kepada publik tentang kondisi (mantan) Presiden Nasheed saat kami menerima kabar terbaru," katanya, seperti dikutip Xinhua, Jumat 7 Mei 2021.

Sementara pihak Kepolisian Maladewa pun bertindak cepat menangani upaya pembunuhan itu.

Polisi Maladewa hari Minggu (9/5) mengatakan telah menangkap seseorang yang diyakini merupakan tersangka utama ledakan yang melukai mantan presiden negara itu dan membuat mereka menyalahkan ekstremis Muslim.

Polisi mengatakan laki-laki itu ditangkap setelah mendapat petunjuk dari publik dan kini tiga dari empat tersangka sudah ditahan.

Nasheed merupakan pengecam keras ekstremisme keagamaan yang mendominasi negara beraliran Sunni itu, di mana berdasarkan hukum, khotbah dan praktik keagamaan lainnya dilarang. Ia telah dikritik oleh tokoh-tokoh agama garis keras karena kedekatannya dengan Barat dan kebijakan-kebijakan liberal.

Nasheed, yang berusia 53 tahun, masih dirawat di rumah sakit setelah menjalani beberapa operasi di kepala, dada, perut dan anggota tubuh lainnya untuk menyelamatkan jiwanya. Seorang anggota keluarga mencuit bahwa Nasheed sudah dapat melakukan pembicaraan dalam waktu lumayan panjang dengan sebagian anggota keluarganya.

Polisi mengatakan mereka percaya bahwa tersangka yang berusia 25 tahun yang ditangkap itu merupakan sosok yang sama dengan foto yang dirilis pada publik hari Sabtu, yang meminta publik untuk membantu mengidentifikasiya. Ia ditangkap setelah ada petunjuk dari masyarakat. Tersangka keempat masih buron.

Nasheed adalah presiden pertama di Maladewa yang terpilih secara demokratis, dan menjabat dari tahun 2008 – 2012, ketika ia mengundurkan diri karena berbagai aksi demonstrasi. 

Ia kalah dalam pemilu presiden berikutnya dan tidak memenuhi syarat dalam pemilihan presiden tahun 2018 karena pernah menjalani hukuan penjara, tetapi tetap menjadi tokoh politik berpengaruh. 

Ia telah memperjuangkan upaya global untuk mengatasi perubahan iklim, terutama untuk mengingatkan publik bahwa kenaikan air laut yang disebabkan pemanasan global akan mengancam pulau-pulau di dataran rendah di negara kepulauan itu.*** Novie Koesdarman 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved