Headlines News :
Home » » Mutasi Covid-19 India-Afsel yang Masuk RI Sudah Masuk Bali Dan Jakarta

Mutasi Covid-19 India-Afsel yang Masuk RI Sudah Masuk Bali Dan Jakarta

Written By Info Breaking News on Senin, 03 Mei 2021 | 15.17

Budi Gunadi, Menteri Kesehatan RI

Jakarta,
Info Breaking News - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan Varian COVID-19 B1617 dari India dipastikan sudah masuk di Indonesia.  Varian Covid-19 dari India dan Afrika Selatan (Afsel) merupakan mutasi virus yang sangat diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini karena  tingkat penularan kedua mutasi virus ini relatif tinggi.

"Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori varian of concern atau mutasi mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi," ujar Budi Gunadi 

Setidaknya ada 2 kasus varian India tercatat di Indonesia yakni 2 kasus di Jakarta. Selain itu ada 1 varian COVID 19 dari Afrika Selatan juga sudah masuk Indonesia. "Ada 2 insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," kata Budi dalam konferensi pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/5/2021). 

Selain itu, Budi juga mengumumkan jumlah varian COVID-19 B117 dari Inggris atau yang juga merebak di India juga bertambah. Varian B117 di Indonesia kini menjadi 13 kasus, naik 3 kasus dibandingkan beberapa waktu lalu. Budi menegaskan, mutasi yang dilaporkan merupakan mutasi yang menjadi perhatian WHO karena memiliki daya tular tinggi.

Ia pun mengajak publik untuk isolasi bagi terpapar varian tersebut dan disiplin melakukan testing bagi yang berhubungan dengan mereka yang terpapar. 

Budi juga tidak lupa mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak. Sebab, mutasi tersebut tidak akan menular ke masyarakat jika menerapkan protokol kesehatan. 

"Apapun virusnya apapun mutasinya kalau kita disiplin protokol kesehatannya memakai masker mencuci tangan menjaga jarak Insyaallah harusnya penularan tidak terjadi.

 Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bahwa protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua dimanapun kita berada," kata Budi. 

Data GISAI menyebutkan ,terdapat  kasus varian COVID-19 dari India tercatat berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sementara itu, varian COVID-19 dari Afrika Selatan tercatat berada diderita salah satu warga berjenis kelamin laki-laki berumur 48 tahun di Bali.*** Candra Wibawanti 



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved