Headlines News :
Home » » Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Written By Info Breaking News on Kamis, 06 Mei 2021 | 21.45

Buah Kiwi

Jakarta
, Info Breaking News - Buah kiwi ternyata tak hanya sekedar dipakai untuk pemanis sajian, melainkan baik pula untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Buah kiwi identik dengan rasa manis dan segar. Tak heran, buah ini sangat populer untuk dijadikan jus maupun salad buah.

Buah dengan nama latin Actinidia deliciosa ini, berasal dari negeri tirai bambu China. Kemudian, pada abad ke-20 mulai dibudidayakan oleh masyarakat di negara Selandia Baru.

Jika dilihat sekilas, buah kiwi terkadang terlihat mirip dengan sawo. Namun, kiwi memiliki ciri khas bulu-bulu halus di permukaan luarnya. Saat dibuka, dagingnya juga berwarna hijau atau emas cerah dengan biji-biji hitam lunak yang dapat dikonsumsi secara bersamaan.

Selain rasanya yang lezat, buah kiwi juga mengandung banyak nutrisi seperti kalium, asam amino, kalsium, folat dan vitamin (A,C, dan K) yang baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat buah kiwi bagi kesehatan? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari laman Brilio dan berbagai sumber:

1.Bantu Turunkan Tekanan Darah

Buah kiwi disebut merupakan jenis buah yang mampu membantu menurunka tekanan darah. Melansir dari laporan Medical Daily tahun 2011, sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien darah tinggi yang konsumsi buah kiwi setiap hari, mampu menurunkan tekanan darah. Semakin lengkap, juga ada kandungan potassium yang tinggi, mampu menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium.

2.Sumber Antioksidan

Buah kiwi juga dijadikan sebagai sumber antioksida yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui jika antioksidan memiliki peranan yang cukup penting pada tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menghambat terjadinya oksidasi dari senyawa lain.

Berdasarkan hasil penelitian H. Maria Inggrid, Research Report-Engineering Science, 2014, menyebutkan bahwa buah kiwi memiliki kadar antioksidan dan nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin C.

Antioksidan pada buah kiwi diketahui memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, mencegah kanker dan hepatitis.

3.Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi bisa dijadikan sebagai antioksida untuk menangkal virus dan zat berbahaya dari luar. Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah ini setiap hari.

4.Atasi Asma

Manfaat buah kiwi ternyata juga bisa dirasakan oleh para penderita asma. Manfaat kali ini juga dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Seoul National University di Korea Selatan.

Penelitian menyebut bahwa enzim yang kuat dari buah kiwi, actinidin bisa mengurangi gejala asma dengan mengurangi sel darah putih (yang terkandung dalam jumlah berlebih pasien asma dan alergi). Mengonsumsi buah kiwi juga dikatakan dapat menyehatkan organ paru-paru.

5.Menjaga Kesehatan Jantung

Jika buah kiwi terbukti mampu membantu menurunkan tekanan darah, hal tersebut tentu saja juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan buah kiwi akan membantu mengencerkan darah, lalu mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan akhirnya meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini baik untuk arteri dan jantung yang sehat.

Mengutip dari laman Brilio, sebuah riset yang dilakukan oleh Departemen Gizi di Universitas Oslo, Norwegia mengatakan, bahwa buah kiwi bermanfaat dalam penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi dua atau 3 buah kiwi selama 28 hari, mengurangi respon agregasi trombosit terhadap kolagen dan ADP. Dari penelitian, didapatkan hasil bahwa mengonsumsi buah kiwi mampu menurunkan kadar trigliserida darah sebesar 15 persen.

6.Atasi Insomnia

Gangguan sulit tidur atau insomnia tentu saja akan membuat produktifitas tubuh akan berkurang. Anda bisa mengatasi masalah insomnia dengan rutin mengonsumsi buah kiwi. Sebab, kandungan serotonin dan antioksidannya akan membuat tubuh menjadi lebih tenang. Pikiran stres akan memicu terjadinya insomnia dan kualitas tidur kurang baik. Untuk menghilangkan insomnia, Anda bisa coba mengonsumsinya setiap hari di pagi dan malam hari.

7.Menyehatkan Rambut

Siapa sangka jika kiwi ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk menyehatkan rambut. Kandungan vitamin yang ada di dalam buah kiwi mampu membantu kesuburan rambut. Vitamin C dan E dan membantu pembentukan kolagen yang mencegah rambut bercabang dan mencegah rontok.

Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa menggunakan buah kiwi sebagai masker rambut. Beberapa produk perawatan rambut yang bisa ditemukan di toko juga banyak yang sudah menggunakan kiwi sebagai bahan dasar di dalamnya.

8.Bagus untuk Diet

Buah kiwi juga bisa dijadikan sebagai makanan alternatif bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Sebab, manfaat buah kiwi yang lain juga dipercaya mampu membuat tubuh terhindar dari obesitas dan tetap ideal. Mengonsumsi dua buah kiwi sehari akan memenuhi kecukupan serat alami sebanyak 4,2 gram. Selain cocok untuk diet, buah kiwi juga bisa menjadi pelancar pencernaan. 

9.Menjaga kesehatan mata

Manfaat kiwi lainnya yaitu melindungi mata dan mencegah kebutaan. Hal ini berkat lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam kiwi

dan 

10.Mempercantik kulit

Buah kiwi dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit. Manfaat ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan buah kiwi sebagai bahan utamanya.

Senyawa antioksidan dalam vitamin C dan E dalam buah kiwi terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah kiwi dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit supaya terlihan awet muda.


*** Sources

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved