Headlines News :
Home » » GKR Retno Dumilah Putri PB XII Meninggal Dunia

GKR Retno Dumilah Putri PB XII Meninggal Dunia

Written By Info Breaking News on Kamis, 27 Mei 2021 | 14.39

GKR Retno Dumilah 

Jakarta
, Info Breaking News - GKR Retno Dumilah atau GRAy Gusti Isbandiyah salah satu putri Paku Buwono (PB) meninggal dunia pada usia 67 tahun akibat serangan jantung pada Rabu (26/5/2021) malam.

Menurut salah satu adiknya GKR Wandansari di sela prosesi pemberangkatan jenazah di Sasana Mulya, Kompleks Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021), kakaknya sempat menikmati bulan purnama di Sarangan, Jawa Timur. Bahkan, kakaknya tersebut berangkat dalam kondisi sehat.

Wanita yang juga mempunyai nama GKR Retno Dumilah meninggal dalam usia 67 tahun. Almarhum meninggalkan 2 orang putra, yakni KRMH Herjuno Suryo Wijoyo dan KRMH Aditya Surya Harbanu. Retno Dumilah meninggal saat menyaksikan gerhana bulan di puncak Gunung Lawu Desa Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Putri PB XII lainnya, GKR Wandansari Koes Moertijah mengisahkan, saat-saat terakhir sebelum meninggal, ia mendampingi sang kakak untuk melihat gerhana bulan di Sarangan. Ia dan rombongan berangkat dari Solo pada Rabu siang. Mereka pun sempat mampir di salah satu rumah makan di Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo untuk makan siang. Ia menduga almarhum terkena setangan jantung saat sedang berada di kamar mandi.

"Dia itu enggak ngeluh apa-apa. Memang enggak gerah (sakit) kok, makanya kita dolan. Kan gusti ayu itu baru pulang dari Jakarta. Sampai Sarangan (atas) itu kebelet pipis (kencing). Kita turun, beliau naruh tas terus ke kamar mandi. Habis itu beliau duduk dan menyaksikan bulan. Ternyata beliau masuk kamar mandi lagi, tetapi enggak balik-balik. Setelah dilihat ternyata sudah lemas banget. Ya sudah kita upokoro (rawat). Jadi serangan jantung, selama itu dia istighfar terus," ujar Wandansari, Kamis (27/5).

Wanita yang akrab disapa Gusti Moeng itu menyampaikan, proses meninggal kakaknya hanya sekitar 10 menit. Keluarga sempat membawa almarhumah ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasi"Di puskesmas itu sempat dipompa. Kalau dipompa ada denyutnya, tetapi kalau dilepas hilang lagi," katanya.

Dengan bantuan mobil ambulans dari TNI AU di Maospati, jenazah kemudian dibawa ke RSUD dr Moewardi Solo melalui jalan tol untuk disucikan. GKR Retno Dumilah diketahui merupakan putri ke-14 Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono XII.

"Jabatan terakhir beliau ini sebagai Pengageng Pasiten. Tanggal 5 Mei ini kita tetapkan sebagai Ketua Putri Narpo Wandowo, pas ulang tahun Putri Narpo," pungkas Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta itu.*** Yohanes Suroso



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved