Headlines News :
Home » » Lukisan Langka karya Van Gogh Berhasil Dilelang di Harga Rp 221 Miliar

Lukisan Langka karya Van Gogh Berhasil Dilelang di Harga Rp 221 Miliar

Written By Info Breaking News on Minggu, 28 Maret 2021 | 14.23


Paris, Info Breaking News - Sebuah lukisan karya pelukis ternama Vincent van Gogh terjual lebih dari US$ 15,4 juta atau sekitar Rp 221 miliar dalam acara lelang pada Kamis (25/3/2021).

Menurut balai lelang Sotheby, lukisan berjudul Street Scene di Montmartre - dipamerkan untuk pertama kalinya sejak penciptaannya pada tahun 1887, setelah satu abad dalam koleksi yang sama.


Lukisan tersebut merupakan satu dari lebih dari 200 lukisan yang diproduksi oleh sang master Pasca-Impresionis Belanda saat dirinya menghabiskan waktu di Paris selama dua tahun. Lukisan ini menggambarkan salah satu kincir angin yang menghiasi Montmartre ketika itu hanya satu desa di pinggiran utara ibu kota.


“Pelelangan lukisan menghasilkan 13,09 juta euro (US$ 15,4 juta). Di atas perkiraan 5 juta euro (Rp 84,8 miliar) hingga 8 juta euro (Rp135 miliar), harga jual tersebut merupakan rekor untuk artis di Prancis,” kata Sotheby.


Lukisan itu menjadi sorotan dari lelang 33 karya master termasuk Degas, Magritte, Modigliani, Klee, Rodin dan muse terakhir Camille Claudel yang dijual dalam lelang yang disiarkan langsung oleh Sotheby di Paris.


Lukisan itu ditawarkan kembali pada akhir penjualan di Paris, setelah rumah lelang membatalkan penjualan awalnya pada sore hari karena masalah dengan penawaran daring. Saat itu, Sotheby mendapatkan harga jual yang sedikit lebih tinggi.


Lukisan lain yang juga menjadi sorotan ialah lukisan karya Camille Pissarro, La Recolte des pois yang baru saja direstorasi, yang bernilai 3,38 juta euro (Rp57,3 miliar). Lukisan ini awalnya disimpan oleh saudara laki-laki Van Gogh, Theo.


Periode 1887 disebut-sebut sebagai titik balik dalam karir Van Gogh saat ia mulai mengeksplorasi teknik Ekspresionis dan penggunaan warna baru di tahun-tahun terakhir hidupnya, sebelum bunuh diri pada tahun 1890 pada usia 37 tahun.


Karya Van Gogh terakhir yang dijual di lelang publik, Laborer in a Field dari tahun 1889, dijual seharga US$ 81 juta (Rp 1,16 triliun) di penjualan New York pada tahun 2017. ***Deviane

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved