Headlines News :
Home » » In Memoriam Bapak Fred B. G. Tumbuan yang Terhormat

In Memoriam Bapak Fred B. G. Tumbuan yang Terhormat

Written By Info Breaking News on Jumat, 26 Maret 2021 | 17.15

Fred B. G. Tumbuan


(Oleh Otto Cornelius Kaligis)


Di dunia non litigasi nama Fred. B.G Tumbuan, dikenal sebagai seorang pakar hukum perdata, hukum bisnis (business law), hukum komersial dan semua yang berhubungan dengan dunia usaha. Dia dijuluki sebagai A High Top respective Commercial Law practitioner, academic and author, yang senantiasa terlibat sebagai penasehat di bidang komersial, aktif di bidang legislasi beberapa undang-undang dalam bidang hukum Perdata, perancang undang-undang dagang, seperti misalnya UU Kepailitan nomor 37/2004, dan penasehat beberapa kementerian. Di mass media, sekalipun sangat piawai dalam bidang hukum komersial, pasti dunia pers tidak mengenalnya karena memang kantor penasehat hukumnya selain bukan untuk dipublikasikan, para pengusaha selalu menghendaki kerahasiaan dari usaha yang tengah mereka rintis.

 

Bahkan ketika pemerintah digugat di luar negeri, beliau sering ditunjuk sebagai ahli mewakli Indonesia di forum internasional menghadapi gugatan perdata tersebut.

 

Kantornya terdaftar dan termasuk peringkat teratas ditahun 2019 sebagai Penasehat Hukum Pasar Modal untuk transaksi transaksi IPO (Initial Public Offering). Untuk semua transaksi IPO di Indonesia, kantor FBG Tumbuan dan partner termasuk 4 besar yang paling banyak menangani perusahaan perusahaan yang go public.

 

Mengapa banyak yang memakai jasa beliau? Mungkin pengusaha atau Badan Usaha Milik Negara maupun para menteri yang pernah berhubungan dengan Fred (saya memanggilnya broer Fred), baru menyadari ketika menghadapi dan berkonsultasi, bagaimana dalamnya pengetahuan beliau dalam bidang hukum komersial. Saya pernah beberapa kali berkonsultasi dalam bidang hukum bisnis bahkan dalam bidang hukum perdata, beliau adalah guru saya. 

 

Dalam membahas sejarah hukum perdata misalnya, saya kira satu satunya penasehat hukum yang mengerti kata demi kata Codex Yuris Civilis dalam bahasa Latin, sejarah kitab undang undang hukum perdata Perancis yang kemudian diadopsi oleh Belanda, untuk bahasa latinnya adalah almarhum Fred. B.G. Tumbuan. 

 

Karena keahliannya dalam beberapa bahasa, beliau secara detail bisa menjelaskan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang kita pergunakan sekarang, mulai dari bahasa latinnya, kemudian masuk ke Bahasa Perancis, Bahasa Belanda, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, yang terkadang harus dikoreksinya karena terjemahan yang kurang pas. 

 

Bahkan kitab Undang-Undang dan Peraturan Republik Indonesia karangan Engelbrecht yang merupakan buku wajib bagi mahasiswa fakultas hukum, yang sekarang sudah jarang dibaca mahasiswa, karena sebagian besar menggunakan bahasa Belanda tersebut hanya dapat dijelaskan Fred secara rinci. Satu fakta bahwa dewasa ini, buku tersebut jarang dijual, karena rata rata mahasiswa fakultas hukum dewasa ini sudah tidak mengerti bahasa Belanda, kecuali satu dua istilah yang sering digunakan.

 

Karena keahliannya itu, maka Pemerintah Indonesia, bila menghadapi gugatan perdata di forum internasional tanpa ragu memakai jasa beliau. Beliau menangani baik perusahaan perudahaan domestik dan multi nasional. Tidak heran kalau kantornya dikunjungi oleh banyak perusahaan perusahaan asing yang membutuhkan nasehatnya.

 

Bidang nasehat yang dikuasainya antara lain Banking & Finance, Capital Market, Commercial Arbitration & Anti Trust, Construction & Infrastuktur, Debt & Corporate Restructering, Bankruptcy & Suspension of Debt payment, foreign & domestic investment, Merger & Aquisition, Mining & Energy, oil & gas, private equity, Project & Natural Resources, Real Estate. Singkat kata, semua pengetahun praktek, akademis FBG Tumbuan sangat berhubungan erat dengan pembangunan Ekonomi Indonesia dikuasainya.  Itulah sebabnya, karena keahlian dan reputasi yang dimilikinya, kantor beliau kebanjiran klien domestik dan multi nasional, serta pengusaha-pengusaha asing yang berniat menanam modal di Indonesia.

 

Dibidang akademis, beliau pernah mengajar bidang hukum perdata di S2 Universitas Indonesia. Kemahirannya dalam berbahasa karena beliau pernah menamatkan sekolah Filsafat di Pune, India, tempatnya calon pastor Jesuit menempa ilmu. Semua kuliah dan referensi buku diberikan dalam bahasa Latin, akar bahasa Eropa dewasa ini.

 

Saya mengenang kepergian beliau, karena beliau banyak membimbing saya dalam bidang hukum perdata. Pertama kali saya praktek hukum di Jakarta di tahun 1966 saya bekerja dikantor ayah beliau, almarhum Notaris Bapak F. A. Tumbuan yang masih termasuk keluarga saya. Walaupun almarhum Fred B. G. Tumbuan sepi berita, saya sangat sadar bahwa beliau banyak berbuat bagi pembangunan hukum di Indonesia.  Sebagai seorang katolik, saya yakin, beliau telah memperoleh keselamatan di surga. 


Beristirahatlah dalam damai Tuhan Pak Fred B.G. Tumbuan, pembimbing saya dalam bidang hukum bisnis sekaligus beliau masih keluarga saya.

 

 

Hormat saya untuk Fred B. G. Tumbuan dan keluarganya.

 

 

  

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved