Headlines News :
Home » » Heboh Warga Negara AS Jadi Bupati di NTT

Heboh Warga Negara AS Jadi Bupati di NTT

Written By Info Breaking News on Kamis, 04 Februari 2021 | 11.59

Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, dan istrinya 

Jakarta, Info Breking News - Status warga negara Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, terpilih Orient Patriot Riwu Kore ramai diperbincangkan. 
Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwu Kore disebut masih berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat (AS).

Pasalnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua, mengungkap yang bersangkutan berstatus warga negara Amerika Serikat (AS) setelah menerima surat balasan dari Kedubes Amerika di Jakarta.

"Kami sudah menerima surat dari Kedubes Amerika di Jakarta. Kami tanya apakah dia masih warga negara Indonesia atau sudah menjadi warga negara Amerika, dan informasi dari sana benar Orient Riwu Kore warga negara Amerika Serikat,” ungkap Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yudi Tagihuma  Kamis (4/2/2021).

Yudi menyebut, kecurigaan Bawaslu didasari Orient yang puluhan tahun tidak tinggal di wilayah tersebut. Bawaslu lantas mencari tahu terkait hal ini. Salah satunya dengan menghubungi Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

"Dari hasil jawaban itu, kami tidak bisa berbuat banyak karena proses telah berlangsung, penetapan sudah berlalu," ucapnya.

"Sejak tahun 1997 yang bersangkutan (Orient) sudah ada dalam database simduk WNI," kata Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Zudan menuturkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk memeriksa status kewarganegaraan Orient.

Lebih lanjut, Zudan menilai kalau pihak kepolisian mesti mendalami status kewarganegaraan Orient ketika mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Seretak 2020. Dari situ bisa terlihat apakah Orient telah melakukan pelanggaran atau tidak.

Orient bahkan memiliki surat keterangan yang menjelaskan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman data KTP elektronik.

Bawaslu Sabu Raijua mengirim laporan ke Bawaslu NTT dan Bawaslu RI. Mereka menyerahkan kelanjutan kasus ini ke tingkat nasional.*** Edward Supusepa




Bawaslu Sabu Taijua sebelumnya telah mengirim surat klarifikasi soal status kewarganegaraan bupati terpilih ke Kedubes Amerika, pada Januari 2021 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved