Headlines News :
Home » » Kenali Khasiat dan Manfaat Daun Pandan

Kenali Khasiat dan Manfaat Daun Pandan

Written By Info Breaking News on Senin, 25 Januari 2021 | 06.29

daun pandan yang kaya manfaat

Jakarta
, Info Breaking News - Selain untuk penyedap masakan daun pandan memilik banyak khasiat dan manfaatnya. Manfaat daun pandan untuk kesehatan cukup beragam mulai dari menurunkan darah tinggi, mengatasi rematik, meredakan demam, mengatasi nyeri, hingga sebagai terapi kanker alami. Secara ilmiah, daun pandan dikenal dengan nama Pandanus Amaryllifolius. 

Daun pandan adalah tumbuhan tropis yang dikenal dengan aroma khasnya. Daun berwarna hijau ini memiliki perpaduan aroma vanilla, almond, dan wangi yang disukai untuk masakan. Tak hanya itu, manfaat daun pandan ternyata juga melimpah untuk kesehatan.Meski banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan, daun pandan juga populer di negara-negara Eropa dan Amerika sebagai penambah aroma masakan atau sajian pencuci mulut. Istimewanya lagi, manfaat daun pandan juga baik untuk kesehatan berkat kandungan di dalamnya.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Telah ada banyak penelitian yang fokus mengulik manfaat daun pandan untuk kesehatan. Itulah mengapa banyak juga yang menggunakan daun pandan sebagai sumber obat tradisional yang aman.Beberapa manfaat daun pandan yang sayang untuk dilewatkan di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kerap merasa sakit kepala atau kelelahan bisa jadi alarm dari tubuh saat tekanan darah berada di level terlalu tinggi. Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi atau hipertensi bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kabar baiknya, merebus 10 gram daun pandan dengan dua gelas air bisa menjadi alternatif menurunkan tekanan darah tinggi. Rebus rendaman daun pandan ini hingga air rebusannya hanya tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan ini dua kali sehari untuk menormalkan tekanan darah Anda.

2. Mengatasi rematik

Mengatasi rematik adalah manfaat daun pandan yang tak bisa diremehkan. Rematik bisa jadi keluhan yang menyebabkan orang merasakan nyeri sendi hingga sulit beraktivitas.Untuk memanfaatkannya, Anda bisa melakukannya dengan memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, coba oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit untuk mengatasi rematik.

3. Meningkatkan nafsu makan

Saat tubuh tidak enak badan, terkadang nafsu makan juga turun drastis. Manfaatkan daun pandan yang ada di dapur Anda untuk mengembalikan nafsu makan seperti semula. Yang perlu Anda lakukan hanya merebus 10 gram daun pandan dengan tiga gelas air. Rebus hingga air tersisa satu cangkir. Konsumsi di pagi dan sore hari untuk mengembalikan nafsu makan dan kebugaran tubuh Anda.

4. Mengatasi rasa nyeri

Manfaat daun pandan berikutnya yang juga penting adalah mengatasi rasa nyeri. Daun pandan bisa mengatasi nyeri ketika Anda menderita sakit kepala, sakit telinga, atau radang persendian.

5. Mengurangi kram

Kram bisa terjadi kapan saja tanpa disangka-sangka. Ternyata, daun pandan bisa membantu meredakan kram yang terjadi terutama di bagian perut dan pencernaan. Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengonsumsi teh daun pandan.

6. Kembalikan energi usai melahirkan

Manfaat daun pandan selanjutnya ialah mengembalikan energi usai persalinan. Seorang ibu yang baru saja melahirkan sangat wajar jika merasa tubuhnya tidak bugar atau terasa lemas. Energinya bisa saja terkuras selama proses persalinan. Nah, ternyata manfaat daun pandan juga bisa mengembalikan energi usai melahirkan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh rebusan daun pandan.

7. Meredakan demam

Manfaat daun pandan berikutnya adalah meredakan demam. Biasanya, ini adalah salah satu metode pengobatan yang digunakan orang-orang secara tradisional. Konsumsi air rebusan daun pandan dapat menurunkan suhu tubuh kembali normal.
8. Membantu detoksifikasi

Bagi orang yang sehari-hari aktif bergerak dan mau tak mau terpapar polusi, detoksifikasi adalah hal yang penting. Radikal bebas dalam tubuh harus dilawan agar tidak mengundang penyakit.Anda bisa menggunakan daun pandan untuk membantu proses detoksifikasi. Mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa membantu tubuh dan hati agar terhindar dari substansi yang tidak sehat.

9. Terapi kanker

Manfaat daun pandan selanjutnya juga cukup mengagumkan, yaitu berpotensi sebagai terapi penyakit kanker. Mengonsumsi teh pandan 2 kali sehari dapat melawan racun dan menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker. Dalam sebuah penelitian, kandungan daun pandan memiliki efek antimiotic, antiproliferative, dan apoptotic. Karenanya, daun pandan adalah bahan alami yang mempunyai potensi untuk dipelajari lebih lanjut dalam perannya  sebagai terapi kanker. 
10. Mengatasi insomnia

Insomnia kerap menjadi musuh besar banyak orang karena tubuh tak bisa beristirahat meski sudah merasa lelah. Beraktivitas keesokan harinya pun jadi tak optimal karena terlalu lelah terjaga semalaman.Ternyata, daun pandan bisa membantu mengatasinya. Sebab, daun pandan mengandung alkaloid yang dapat menimbulkan sensasi rileks pada tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun pandan dengan tambahan madu saat malam tiba sehingga Anda bisa tidur lebih mudah.

11. Mengatasi ketombe

Tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, manfaat daun pandan ternyata juga baik untuk kesehatan rambut. Jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi ketombe, coba metode dengan daun pandan.Caranya adalah dengan menghancurkan 10 lembar daun pandan segar hingga lembut dan campurkan ke 100 ml air bersih. Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya.Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan rambut Anda. Tak hanya mengatasi ketombe, daun pandan juga dapat menutrisi kulit kepala Anda.

12. Mengatasi kulit terbakar

Ketika Anda mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama, coba atasi dengan menambahkan daun pandan di air saat Anda mandi. Cara ini dapat membantu Anda mengatasi kulit terbakar akibat terpapar sinar matahari.

13. Mengurangi kadar gula darah

Menurut penelitian dari NCBI, ekstrak daun pandan diketahui dapat menurunkan glukosa darah postprandial, merangsang sekresi insulin dari jalur sel beta pankreas pada tikus dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosidase.Penelitian ini menunjukkan bahwa daun pandan memiliki potensi untuk dijadikan sumber alami agen antihiperglikemik, sehingga berpotensi dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes. Namun, masih perlu dilakukan penelitian tambahan untuk memastikannya.

Rutin Minum Air Rebusan Daun Pandan Tiap Hari

khasiatnya

1. Mengatasi diare

Daun pandan memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Kedua sifat inilah yang dapat membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi pada lambung, termasuk saat kita sedang mengalami diare.

Caranya: minum rebusan air pandan setiap pagi dan sore hari hingga keadaan membaik.

2. Menyembuhkan demam

Seperti yang udah dijelaskan di atas kalau daun pandan memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi infeksi penyebab demam dalam tubuh.

Agar air rebusan pandan dapat menyembuhkan kita dari demam, buat 2 gelas air mendidih, tambahkan 2-3 lembar daun pandan, kemudian saring.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat lain yang bisa kita rasakan dari mengonsumsi air rebusan daun pandan adalah dapat mengatasi hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Caranya: masukkan 2-3 gelas air ke dalam panci, tambahkan 3 gram daun pandan.

Masak hingga mendidih hingga airnya berkurang setengah.

Minum ramuan ini dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Kalau kita rutin meminum air rebusan daun pandan, maka tekanan darah 

akan kembali normal.

4. Mengatasi insomnia

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam daun pandan terbukti bisa menjadi obat bagi kita yang mengalami kesulitan tidur alias insomnia.

Caranya: ambil beberapa lembar daun pandan, seduh dengan air mendidih.

5. Meredakan rasa cemas

Enggak banyak yang tahu, ternyata daun pandan juga memiliki efek menenangkan untuk tubuh kita, lho!

Hal ini pastinya berguna banget buat kita yang sering banget merasa cemas.

Caranya: ambil 3-5 daun pandan, potong-potong  menjadi irisan tipis, masukkan ke dalam air mendidih.

Setelah itu saring dan minum airnya. Konsumsi air rebusan daun pandan ini 3 kali sehari, ya! 

*** Putri Emilia

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved