Headlines News :
Home » » Eks Kandidat Ungkap Kejanggalan Sekeksi Jubir KPK Yang Tanpa Hasil

Eks Kandidat Ungkap Kejanggalan Sekeksi Jubir KPK Yang Tanpa Hasil

Written By Info Breaking News on Sabtu, 30 Januari 2021 | 12.53

Susan Margaret Palilingan, eks kandidat Jubir 

Jakarta
, Info Breaking News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 8-21 Agustus 2020, membuka lowongan kerja untuk posisi Juru Bicara (Jubir) melalui program Indonesia Memanggil. Dari total 2.174 pelamar, tujuh peserta dinyatakan lolos seleksi, salah satunya adalah Susan Margaret Palilingan. 

Susan Margaret Palilingan. Wanita asal Manado ini menjelaskan proses seleksi jubir KPK ini dimulai di sejak Agustus 2020. Jumlah pendaftar seleksi ini sebanyak 2.174 pelamar. Ia menjadi satu dari lima kandidat yang lolos hingga tahap akhir.Susan mendapat pemberitahuan lolos pada tanggal 26 Agustus 2020 lalu. Dia tentu saja mengaku merasa kaget dan gemetaran, karena menjadi seorang Juru Bicara KPK merupakan impiannya sejak tahun 2016.

"Karena menurut saya, sebagai jubir KPK adalah sebuah pekerjaan yang menantang dan prestisius, apalagi dilihat dari jumlah peminat yang sangat banyak dengan proses seleksi yang sangat ketat, karena yang lolos seleksi berkas hanya sekitar 0,003% dari jumlah pelamar," kata Susan, Jumat (29/1/2021).

seleksi saya ikuti selsi demi seleksi , meskipun harus berjuang (antara takut dan bergairah) harus beberapa kali perjalanan Manado ke Jakarta, saya lakukan di saat pandemi Covid-19 untuk mengikuti tahapan demi tahapan seleksi di PPM Manajemen di Jakarta. Tahap kedua psikotest, Puji Tuhan, saya kembali lolos, lanjut ke tahap ketiga Assesment Test dan Pemeriksaan Kesehatan, semua saya lewati dengan baik dan dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya hingga akhirnya tahap ketiga hanya tersisa 5 orang," kata Susan dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/1/2021).

Susan mendapatkan informasi soal rekrutmen jubir KPK melalui PPM Manajemen di Jakarta, pada awal Agustus 2020. Dia pun mendaftar dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Hanya satu kata saat dia dinyatakan lolos seleksi berkas dari 2000 an peserta. "Puji Tuhan!!," ucapnya

"Hingga akhirnya Tahap ketiga hanya tersisa 5 orang, dan kami menunggu pengumuman untuk tahap terakhir yaitu Wawancara dengan Komisioner KPK sebagaimana diumumkan kepada kami sesuai jadwal tanggal 22 September 2020. Namun entah ada kendala apa di Lembaga Anti Rasuah yang besar ini, sampai memasuki tahun 2021, tahap akhir Wawancara dengan Komisioner KPK tidak dilaksanakan dan pemberitahuan pengumuman tak kunjung ada tanpa alasan yang jelas pada kami

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengabarkan terkait hasil seleksi untuk menjadi Juru Bicara (Jubir) KPK yang baru. 

Perihal seleksi tersebut, KPK menyebut bahwa tidak ada satupun dari peserta seleksi itu yang dapat dinyatakan lolos hingga ke tahap akhir.Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya di Jakarta pada Jumat, 29 Januari 2021.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa tidak ada peserta yang dinyatakan lulus ke tahap akhir," ucap Ali.***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved