Headlines News :
Home » » Dinas Pendidikan DKI Jakarta Masih Terus Berlakukan Pembelajaran Online

Dinas Pendidikan DKI Jakarta Masih Terus Berlakukan Pembelajaran Online

Written By Info Breaking News on Sabtu, 02 Januari 2021 | 13.55


Jakarta, Info Breaking News - Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk tetap memberlakukan sistem belajar online bagi para siswa dan siswi sekolah di Provinsi DKI Jakarta pada semester genap Tahun Ajaran (TA) 2020/2021. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memprioritaskan kesehatan dan keamanan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan di masa pandemi.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat berhati-hati dalam mengambil kebijakan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara langsung di semester genap 2020/2021. Pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan, sehingga seluruh sekolah di DKI Jakarta tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah (BDR),” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, dalam keterangannya Sabtu (2/1/2021).


Kendati demikian, Nadhiana memastikan pihaknya akan terus melakukan persiapan pembelajaran tatap muka dengan bekerja sama pihak terkait. Beberapa rekomendasi telah diterima demi menjamin kesehatan dan keselamatan peserta didik. 


"Kami juga telah mempersiapkan laman Siap Belajar untuk asesmen terhadap sekolah-sekolah di DKI Jakarta," ungkap dia.


Laman Siap Belajar ini bertujuan mengukur kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada semester genap TA 2020/2021. Setiap butir penilaian, memiliki kriteria yang disesuaikan dengan standar kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. 1130 Tahun 2020, serta pedoman yang dikeluarkan oleh UNESCO dan OECD.


“Proses ini telah kami lakukan sejak lama. Kami juga selalu berkoordinasi dengan banyak pihak, mulai Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), para pakar pendidikan, platform dan para mitra pendidikan, serta orangtua untuk dapat memastikan standar asesmen yang kami lakukan dapat lebih akurat,” paparnya.


Hasil asesmen tersebut nantinya akan menjadi dasar bagi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk menentukan sekolah-sekolah yang siap dan dapat melaksanakan pembelajaran campuran atau blended learning yaitu, mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan dari rumah. Sekolah-sekolah yang memenuhi kriteria akan menjadi model dalam pelaksanaan blended learning di wilayah DKI Jakarta.


Lebih lanjut, Nahdiana menjelaskan laman Siap Belajar tidak akan berhenti pada tahapan asesmen sekolah, melainkan dilanjutkan verifikasi kondisi sekolah secara langsung. Selanjutnya bagi sekolah yang terpilih dan menjadi sekolah model akan dilakukan pengawasan.


Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengharapkan kerja sama dan peran aktif para orangtua serta masyarakat untuk menyampaikan aspirasi terkait pelaksanaan pembelajaran semester genap TA 2020/2021 ini. “Kami juga telah memanfaatkan platform JAKI (Jakarta Kini) untuk pengisian CLM (corona likelihood metric) yang menjadi salah satu komponen dari asesmen Siap Belajar,” ungkap dia.


Dalam penerapan blended learning, para orang tua memiliki hak penuh untuk menentukan apakah anaknya diberikan izin mengikuti blended learning atau belajar dari rumah. Untuk itu, pihak sekolah diharapkan dapat mempersiapkan secara matang kelanjutan pelaksanaan belajar dari rumah, terlebih bagi sekolah yang tidak memenuhi kriteria atau tidak menjadi sekolah model.


Nahdiana juga menyampaikan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan memberikan edukasi dan penjelasan lebih lanjut terkait blended learning ini, khususnya bagi para peserta didik dan orangtua.


“Blended learning ini merupakan skema yang masih baru dan masih belum banyak dipahami, sudah menjadi tugas kami untuk memberikan informasi tersebut kepada masyarakat,” pungkasnya. ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved