Headlines News :
Home » » Armin Laschet Jadi Kandidat Kuat Pengganti Merkel

Armin Laschet Jadi Kandidat Kuat Pengganti Merkel

Written By Info Breaking News on Minggu, 17 Januari 2021 | 12.44

Armin Laschet

Frankfurt, Info Breaking News - Partai Christian Democratic Union (CDU) di Jerman memutuskan untuk memilih Armin Laschet sebagai ketua baru pada Sabtu (16/1/2021) kemarin. Laschet disebut-sebut berpotensi besar menjadi pengganti Angela Merkel sebagai kanselir pada pemilu yang akan digelar akhir tahun nanti.

Laschet sendiri merupakan perdana menteri negara bagian North Rhine-Westphalia. Dia mengalahkan Friedrich Merz 521:466 dalam pemilihan ketua partai CDU.


"Saya ingin memastikan kita tetap bersatu sepanjang tahun ini...dan memastikan kanselir berikutnya berasal dari perserikatan CDU/CSU," kata Laschet dalam pidatonya setelah terpilih.


Pria berusia 59 tahun tersebut terpilih menjadi anggota Parlemen Jerman atau Bundestag pada tahun 1994 silam. Laschet dinilai bakal meneruskan kebijakan-kebijakan Merkel karena sebelumnya dia berkomitmen menjaga CDU kokoh di "tengah-tengah masyarakat".


Di bawah kepemimpinan Laschet, CDU kemungkinan tetap fokus pada kebijakan perubahan iklim dan lingkungan. Dengan latar belakang Katolik yang kuat, CDU percaya Laschet akan mendulang dukungan dari kelompok Kristen di dalam tubuh partai.


Laschen yang juga pernah menjadi pengacara dan jurnalis di era reunifikasi Jerman antara tahun 1986-1991, memiliki pandangan politik yang sangat liberal dan dia juga populer di antara komunitas imigran di negara bagiannya.


Jika dia terpilih menjadi kandidat kanselir dari CDU pada pemilu September nanti, dia akan terbuka dengan berbagai tawaran koalisi, karena tren berbagi kekuasaan dalam politik Jerman cukup kuat belakangan ini.


Laschen dianggap dekat dengan kelompok liberal dari FDP dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dengan kelompok pengusaha di dalam CDU. Dia juga dekat dengan Partai Hijau karena mendukung isu-isu lingkungan.


Kendati demikian, meski didukung partai yang kuat, kemenangan Laschet bukan hal yang pasti terjadi. Kandidat CDU akan dipilih belakangan pada musim semi nanti. Markus Soder, PM Bavaria yang sangat populer, dan Jens Spahn, menteri kesehatan sekarang, juga berpotensi maju dalam pemilihan menjadi pemimpin perekonomian terbesar Jerman.


Holger Schmieding, kepala ekonom Berenberg, mengatakan Laschet sejauh ini adalah kandidat kuat sebagai Kanselir Jerman. 


"Tetapi jika CDU tidak bersinar dalam pemilu negara bagian 14 Maret nanti, maka Markus Soder (dari CSU) bisa menjadi kandidat kanselir dari koalisi CDU/CSU," ungkapnya. ***Armen Foster


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved