Headlines News :
Home » » Argentina Resmi Berlakukan UU Aborsi

Argentina Resmi Berlakukan UU Aborsi

Written By Info Breaking News on Selasa, 26 Januari 2021 | 06.49

Senat Argentina setujui Aborsi ini membuat senang para pengunjuk rasa pro aborsi

Jakarta
, Info Breaking News Argentina resmi memberlakukan Undang-undang (UU)aborsi  pada Minggu (24/1). Kelompok-kelompok perempuan dan para pejabat pemerintah berharap UU itu bisa diimplementasikan sepenuhnya, meski mendapat tentangan dari beberapa kelompok konservatif dan kelompok gereja.

Argentina menjadi negara terbesar di Amerika Latin yang melegalkan hak aborsi. Perkembangan itu terjadi setelah Senat pada 30 Desember mengesahkan sebuah legislasi yang menjamin prosedur itu bagi kehamilan usia 14 minggu ke bawah, serta bagi kehamilan akibat perkosaan atau apabila kesehatan ibu terancam.

Keputusan itu dianggap sebagai kemenangan bagi gerakan feminis di negara Amerika Selatan itu, yang bisa membuka jalan bagi langkah serupa di kawasan yang konservatif dan mayoritas memeluk Katolik Roma yang taat.

Paus Fransiskus sempat menyampaikan keberatannya sebelum pemungutan suara dan para pemimpin gereja telah mengkritisi keputusan itu.

Legalisasi aborsi sangat jarang terjadi di wilayah di mana Gereja telah memegang kendali budaya dan politik selama berabad-abad. Sebelumnya, aborsi diizinkan atas permintaan hanya di Kuba, Uruguay, dan sebagian Meksiko.

Sebelumnya hukum Argentina hanya mengizinkan aborsi jika ada risiko serius bagi kesehatan ibu atau dalam kasus pemerkosaan. Kelompok pro-pilihan berpendapat bahwa kriminalisasi aborsi merugikan perempuan dari kelompok yang paling rentan. Kementerian Kesehatan Argentina mengatakan lebih dari 3.000 wanita meninggal akibat aborsi ilegal dari 1983-2018.

Gereja Katolik berpendapat bahwa aborsi melanggar hak untuk hidup.Para pendukung UU itu mengatakan mereka memperkirakan akan ada sejumlah gugatan hukum dari kelompok-kelompok anti-aborsi di beberapa provinsi konservatif dan sejumlah klinik kesehatan swasta mungkin akan menolak melakukan prosedur itu.*** Novie Kosedarman 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved