Headlines News :
Home » » LBS : Alat Pendeteksi Corona GeNose cukup 5 Menit dan Rp 20 ribuan, Harus Terpasang di Setiap RT, Supermarket, dan Fasilitas Umum untuk Tes Covid-19

LBS : Alat Pendeteksi Corona GeNose cukup 5 Menit dan Rp 20 ribuan, Harus Terpasang di Setiap RT, Supermarket, dan Fasilitas Umum untuk Tes Covid-19

Written By Info Breaking News on Minggu, 24 Januari 2021 | 06.56

Luhut Binsar Panjaitan saat uji GeNose di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Jakarta
, Info Breaking News -
Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi  melakukan uji coba pemanfaatan alat deteksi Covid-19 GeNose di Stasiun Pasar Senen. Alat tersebut nantinya akan dipasang pada simpul-simpul transportasi publik.

Alat buatan anak bangsa tersebut akan dipasarkan senilai Rp 62 juta dan telah mendapatkan izin pemakaian darurat dari BPOM
Alat kesehatan yang ramah ini juga dimaksudkan oleh Pemerintah untuk memotong spekulasi bisnis dibalik pandemi corona yang selama setahun ini sudah menjadi lahan bisnis yang sangat subur bagi kalangan medis khusus nya pihak rumah sakit,karena memang tidak terbantahkan dibalik bencana penyakit yang menakutkan ini ada uang yang sangat besar mendekati Seribu Trilyun Rupiah yang dikucurkan untuk mengatasi masalah yang masih terus menjadi masalah karena besar duit nya, sampai sampai seorang Juliari Batubara,mantan Menteri Sosial yang sesungguhnya sejak lahir sudah kaya raya itupun masih sangat rakus untuk menilep uang nyawa manusia.
Maka dengan alat yang diciptakan oleh anak bangsa ini diharapkan sangat membantu pengeluaran pemerintah dan mencegah kerugian negara yang tetap saja akan dimaling para penjahat berdasi kantoran.
Luhut menuturkan, GeNose akan digunakan di bandara, pelabuhan laut, stasiun kereta api, di RT/RW, supermarket dan hotel-hotel.

"Alat GeNose menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediaannya terbatas," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 23 Januari 2021.

GeNose merupakan alat deteksi covid-19 yang digunakan untuk meningkatkan screening virus korona melalui hembusan nafas dengan tahap 4T, yaitu Tracking, Tracing, Testing, dan Treatment.

GeNose melakukan deteksi melalui hembusan nafas, sehingga memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNose juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Menurut Luhut penggunaan alat GeNose sendiri telah diakui oleh Kementerian Kesehatan dan didukung oleh Kementerian Perhubungan sebagai alat tes yang digunakan untuk aktivitas perjalanan masyarakat menggunakan transportasi umum.

"GeNose sebagai alat deteksi Covid-19 menjadi satu kebanggaan Indonesia karena dibuat oleh anak bangsa. Apalagi hasil kerja sangat cepat sekitar lima menit sudah tau hasil nya dan biaya nya sangat murah sekitar Rp 20 ribuan. Hal itu juga sejalan dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang dikembangkan oleh pemerintah," ungkap dia.

Melalui alat tersebut, Indonesia juga dapat berinovasi serta memberikan solusi bagi permasalahan pandemi covid-19. Luhut pun mengapresiasi tim GeNose Universitas Gadjah Mada yang telah menciptakan inovasi tersebut.

"Saya berharap GeNose dapat segera menjadi alat tes yang digunakan secara luas oleh masyarakat dan dapat membantu pemerintah dalam melakukan upaya 4T," tutup Luhut.

GeNose yang mendapat izin edar Kemenkes pada Desember 2020, mampu mendeteksi corona lebih cepat dengan akurasi di atas 90%. Sehingga bisa efektif digunakan di tempat-tempat publik seperti stasiun.

Penggunaan GeNose yang mendeteksi corona dengan embusan napas tersebut disaksikan langsung Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Luhut bahkan menjajal langsung GeNose dan hasilnya negatif COVID-19.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penggunaan GeNose sebagai alat tes syarat perjalanan masyarakat akan mulai dilakukan pada 5 Februari mendatang.*** Lisa AF.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved