Headlines News :
Home » » Mensos Barul Tri Rismawati Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi

Mensos Barul Tri Rismawati Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi

Written By Info Breaking News on Selasa, 22 Desember 2020 | 20.53

Tri Rismawati 

Jakarta,
Info Breaking News -Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi meengumumkan  (reshuffle) susunan kabinet Indonesia Maju diidampingi Wapres Ma'ruf Amin.

"Pada sore hari yang berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Ada enam posisi menteri di kementerian yang dirombak oleh Jokowi.

1. Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial, menggantikan Juliari Batubara.

2. Sandiaga Uno mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

3. Budi Gunadi Sadikin mengisi posisi Menteri Kesehatan yang sebelumnya dijabat Terawan Agus Putranto.

4. Yaqut Cholil Qoumas mengisi pososi Menteri Agama yang tadinya dijabat Fachrur Razie.

5. Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

6. M Luthfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmant

enam menteri baru akan dilantik pada Rabu 23 Desember 2020 di Istana Negara Jakarta.

"Pelantikan akan dilaksanakan Insyaallah besok pagi," kata Jokowi didampingi enam menteri baru yang telah ditunjuknya itu.

Para menteri baru tersebut menggunakan kemeja putih dan menggunakan jaket berwarna biru. Sedangkan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hanya menggunakan kemeja putih.

Tri Rismawati dikenal saat menjadi Walikota Surabaya

 Ia memimpin Kota Pahlawan itu selama dua periode atau 10 tahun.

Pada 28 September 2010-28 September 2015, Risma menjadi Wali Kota Surabaya di periode pertama. Kemudian ia kembali menjabat Wali Kota Surabaya untuk periode kedua pada masa bakti 2016-2021 bersama Wakil Wali Kota Wisnu Sakti Buana.

Namun sebelum menjadi Wali Kota, Risma memang mengawali kariernya di Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Selama duduk di birokrat, ia pernah menduduki sebagai Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya pada 1997-2000.

Kemudian Risma menjabat sebagai Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya pada 15 Januari 2001-16 Januari 2002 dan Kepala Cabang Dinas Pertamanan pada 16 Januari 2002-2 September 2002.

Dia lalu menduduki posisi Kepala Bagian Bina Pembangunan pada 2 September 2002-1 Juni 2005 serta menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan pada 1 Juni 2005-25 November 2005.

Risma lalu menjabat posisi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya pada 25 November 2005-1 Januari 2008.

Terakhir, ia menduduki jabatan sebagai Kepala Bappeko Surabaya pada 1 Januari 2008-30 April 2010 sebelum akhirnya terpilih menjadi Wali Kota.

Risma dikenal sebagai sosok yang tegas serta membawa Surabaya menjadi kota dengan taman yang indah. Bukan hanya taman, Risma juga berhasil menutup gang Dolly, sebuah kawasan prostitusi di Surabaya.

Pencapaian Risma dalam Piala Adipura ini memasuki puncaknya pada 2016 yang berhasil menyabet Adipura Paripurna.

Selain mewakili kota Surabaya, Risma tercatat beberapa kali mendapat penghargaan individu. Bahkan pada 2013, ia sempat masuk majalah Forbes dalam kategori 10 perempuan inspiratif di dunia.

Setahun setelahnya, Risma menyabet penghargaan Mayor of the Month sebagai Wali Kota Terbaik. Tak hanya itu, Risma juga pernah menyandang penghargaan Ideal Mother Awards dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) di tahun 2016.

Pada 2014 Tri Rismaharini pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders, dalam kategori Innovative City of the Future. Saat itu, Surabaya jadi satu-satunya kota perwakilan dari Indonesia.

Risma mendapat gelar terakhir  Doktor Honoris Causa dari Tongmyong University, Busan, Korea Selatan belum lama ini.*** Ira Irmayati

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved