Headlines News :
Home » » Masa Pandemi, Medsos Harus Digunakan untuk Hal Positif

Masa Pandemi, Medsos Harus Digunakan untuk Hal Positif

Written By Info Breaking News on Minggu, 27 Desember 2020 | 12.42


Jakarta, Info Breaking News - Mantan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengimbau masyarakat agar menggunakan media sosial (medsos) untuk hal-hal positif, terlebih dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

"Masyarakat harus bisa menggunakan gadget serta teknologi internet ini untuk hal yang positif," katanya dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020).


Menurut Yosep, pemerintah memang bisa melakukan penegakan hukum dan mencekal akun nakal yang menyebarkan hoax dan ujaran kebencian. Namun, menurut Yosep, yang harus menjadi prioritas adalah mengedukasi masyarakat. Untuk keperluan edukasi ini, pemerintah bisa melibatkan beberapa lembaga di Indonesia yang terkait dengan internet, seperti Safenet.


"Literasi tentang moral, hukum, dan teknologi harus diberikan kepada orang-orang muda. Sementara bagaimana melacak kebenaran dari sebuah informasi itu diberikan kepada generasi yang lebih tua. Jadi semuanya disentuh," ujarnya.


Yosep berharap pemerintah dapat menciptakan suatu sistem informasi yang positif mengingat sumber informasi di media sosial sangat banyak dan tidak semuanya memiliki kredibilitas atau kompetensi.


Terkait informasi seputar Covid-19, misalnya, pemerintah diminta menyediakan informasi secara terpusat agar informasi yang sampai kepada masyarakat jelas. Hal ini tentu memudahkan pemerintah dalam merespons setiap kebutuhan informasi bagi masyarakat, dan bisa menghindarkan dari hoaks.


"Perlu juga untuk kelompok ahli teknologi informasi dan internet untuk menggagas aplikasi baru sebagai inovasi untuk mengatasi masalah yang ada. Misalnya aplikasi dan inovasi untuk mengatasi persoalan yang muncul di masyarakat karena pandemi ini dan menyediakan informasi yang kredibel," pungkasnya. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved