Headlines News :
Home » » Firli: Pekan Depan KPK Bakal Tahan 2 Oknum Kepala Daerah

Firli: Pekan Depan KPK Bakal Tahan 2 Oknum Kepala Daerah

Written By Info Breaking News on Selasa, 10 November 2020 | 17.18


Jakarta, Info Breaking News - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan pihaknya akan menahan dua oknum kepala daerah pada pekan depan.

Kedua kepala daerah tersebut terdiri dari seorang bupati dan seorang wali kota.


Firli menjelaskan kini KPK tengah memfokuskan perhatiannya pada korupsi di daerah. Sepanjang 2020, KPK telah berhasil menangkap tiga kepala daerah, yakni Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Bupati Kutai Timur Ismunandar, dan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman. 


“Minggu depan ada dua orang lagi, bupati dan wali kota," kata Firli dalam Webinar Pembekalan Cakada (Calon Kepala Daerah) yang disiarkan melalui saluran Youtube Kanal KPK, Selasa (11/10/2020).


Kendati demikian, ia enggan membocorkan identitas dua kepala daerah yang jadi target KPK tersebut. Namun, dipastikan KPK akan terus mengawal proses Pilkada serentak 2020 agar tak dinodai praktik korupsi.


Hal ini mengingat banyaknya kepala daerah yang tersandung kasus korupsi dan dijerat KPK. Hingga saat ini, katanya sudah 122 orang bupati/wali kota dan 21 orang gubernur yang terjerat kasus korupsi. Kasus korupsi, kata Firli, juga tersebar di 26 provinsi dari total 34 provinsi yang terdapat di Indonesia.


"Sebaran korupsi terjadi di 26 provinsi, kalau begitu berarti hanya delapan (provinsi) yang tidak atau belum tertangkap, 26 dari 34," katanya.


Selain melalui penindakan, Firli mengatakan pihaknya juga gencar mencegah korupsi melalui pendidikan masyarakat maupun perbaikan sistem. Dikatakan, upaya pencegahan ini terus dilakukan untuk membangun kesadaran dan mengubah perilaku agar tidak ingin melakukan korupsi.


Firli juga mendorong para calon kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada 2020 untuk menjadikan isu-isu antikorupsi sebagai bahan kampanye. Dikatakan, upaya memberantas korupsi melalui penindakan ataupun pencegahan tidak akan maksimal tanpa peran serta seluruh elemen masyarakat.


"Upaya-upaya yang dilakukan KPK itu tentu tidak akan bisa berjalan lancar tanpa dibantu oleh seluruh pemangku kepentingan," tandas dia. ***Samuel Art

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved