Headlines News :
Home » » Tinggalkan Keterpurukan, Ekonomi Tiongkok Bertumbuh 4,9 Persen

Tinggalkan Keterpurukan, Ekonomi Tiongkok Bertumbuh 4,9 Persen

Written By Info Breaking News on Senin, 19 Oktober 2020 | 16.35


Beijing, Info Breaking News - Meski sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, perekonomian Tiongkok kini kembali mencatat pertumbuhan di kuartal ketiga dan semakin meninggalkan keterpurukan.

Pada periode Juli-September, ekonomi Tiongkok tumbuh 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data pemerintah yang dirilis Senin (19/10/2020).


Angka ini juga lebih kencang dibandingkan pertumbuhan 3,2% kuartal sebelumnya, satu lagi bukti keberhasilan negara itu untuk lolos dari cengkeraman pandemik yang masih melilit sebagian besar wilayah dunia lainnya.


Namun, pertumbuhan kuartal III ini lebih rendah dari prediksi para pakar, yang sebelumnya mematok angka 5,2%.


"Perekonomian Tiongkok melanjutkan kebangkitan dari kuartal sebelumnya, pemulihan ekonomi makin meluas dan makin lepas dari ketergantungan pada stimulus investasi," tulis Julian Evans-Pritchard, ekonom spesialis Tiongkok di Capital Economics.


Di awal pandemik, Tiongkok secara agresif melakukan lockdown dan melacak populasi untuk membendung penyebaran virus, ditambah anggaran khusus miliaran dolar untuk proyek-proyek infrastruktur besar guna memicu pertumbuhan.


Secara kumulatif, perekonomian Tiongkok tumbuh 0,7% dalam sembilan bulan terakhir.


"Perlu ditambahkan, data bulanan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonominya masih melakukan akselerasi menuju kuartal IV," kata Evans-Pritchard.


Sektor industri Tiongkok tumbuh 5,8% kuartal III year-on-year, kata Liu Aihua, juru bicara Biro Statistik Nasional Tiongkok. Kuartal sebelumnya, sektor ini tumbuh 4,4%.


Sektor jasa juga melaju lebih kencang, yaitu 4,3% dibandingkan kuartal sebelumnya 1,9%.


Penjualan ritel meningkat 0,9% kuartal III y-o-y, sementara tingkat pengangguran sedikit turun ke 5,4% pada September dari 5,6% bulan Agustus.


"Sejauh ini bisa kami katakan bahwa konsumsi mulai merambat naik dari keterpurukan saat pandemik. Pemulihan ekonomi sudah dimulai," kata Liu dalam jumpa pers di Beijing.


Dia menambahkan makin banyak lagi warga yang mulai keluar dari rumah dan belanja di toko karena pandemik ini sudah makin terkendali. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved