Headlines News :
Home » » Singapura Perkenalkan Mobil SUV Super Canggih untuk Petugas Kepolisian

Singapura Perkenalkan Mobil SUV Super Canggih untuk Petugas Kepolisian

Written By Info Breaking News on Jumat, 07 Agustus 2020 | 11.36

Penampilan unit mobil respons cepat generasi terbaru milik Singapura

Singapura, Info Breaking News – Berkomitmen untuk membantu meningkatkan kinerja kepolisian, Singapura memperkenalkan armada baru untuk menunjang operasional polisi respons cepat. 


Armada itu adalah mobil sport utility vehicle (SUV) merek Hyundai Tucson yang dilengkapi fitur-fitur digital super canggih untuk menangkap penjahat di jalanan. Mobil itu juga diperlengkapi ornamen keamanan mumpuni untuk membawa pelaku kriminal di bangku belakang.

Saat diperkenalkan ke publik pada 30 Juli lalu, pihak Kepolisian Singapura menjelaskan mobil baru itu dilengkapi sirene dan peluit canggih dan cerdas. Tiap unit juga dilengkapi dengan lampu sorot di atap yang dikendalikan dari jarak jauh dengan remote control. Selain itu, ada pula sensor di bawah kaca spion, dan kamera di bagian depan, samping dan belakang.

Meski begitu, jika melihat sisi bagian belakang mobil Anda tidak akan menemukan jok kulit empuk dengan tatakan cangkir. Yang ada hanya ruang lega dengan kursi pipih antiselip tanpa jok kulit dengan sebuah layar besar yang memisahkan kabin depan dengan belakang.

Jelas, mobil baru ini didesain bukan untuk kenyamanan penumpang, tetapi lebih pada penerapan teknologi dan desain fungsional yang paling cocok untuk mendukung pekerjaan personel kepolisan setempat. 

Pihak Kepolisian Singapura menyebutkan, tidak adanya kursi konvensional dimaksudkan agar tahanan di bangku belakang tidak dapat menyembunyikan benda apapun di jok.

Desain permukaan yang keras dan melengkung itu memberikan ruang bagi tersangka yang diborgol. Desainnya juga memudahkan saat akan dibersihkan terutama jika penjahat yang diangkut tidak kooperatif yang mungkin saja sering muntah ataupun berkeringat.

Selain itu, sabuk pengaman di bagian belakang mobil juga sengaja sedemikian rupa sehingga petugas polisi tidak harus menjangkau para tersangka untuk mengencangkan sabuk pengamannya. Hal ini bisa melindungi petugas dari serangan benturan kepala ataupun serangan belakang.

Polisi mengatakan, sebanyak 300 unit SUV dengan rancangan khusus itu akan dikerahkan secara bertahap untuk digunakan oleh Pasukan Respons Darat atau polisi wilayah dan mobil operasi. Mobil-mobil baru itu diharapkan bisa menggantikan seluruh armada mobil sedan patroli yang ada saat ini pada tahun 2024.

Wakil Kepala Inspektur Polisi (DSP) sekaligus Kepala Operasi Kepolisian Garda Depan, Ng Li Ki mengatakan mobil jenis SUV memberikan petugas bidang pandang yang lebih baik karena posisinya yang lebih tinggi.

“Saya pikir, kami memiliki petugas yang cakap yang selalu memikirkan bagaimana teknologi baru dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi pekerjaan mereka. Jika itu sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, Anda berisiko dengan hal-hal tertentu, Anda akan memikirkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu,” paparnya. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved