Headlines News :
Home » » Menlu AS: Hubungan AS-Tiongkok Masih Bisa Diperbaiki

Menlu AS: Hubungan AS-Tiongkok Masih Bisa Diperbaiki

Written By Info Breaking News on Sabtu, 22 Agustus 2020 | 11.38

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo

Washington, Info Breaking News - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan hubungan AS dan Tiongkok sebenarnya masih dapat diperbaiki. Ia menyebut pemerintahan Trump masih mau berdiskusi dengan Tiongkok namun pihaknya tetap akan bertindak tegas terhadap Tiongkok demi menjaga kepentingan nasionalnya.

“Ini adalah usaha yang serius, ini adalah risiko yang serius. Presiden Trump serius dalam usahanya melindungi informasi kita, jaringan kita, dan rakyat AS," kata Pompeo seperti dikutip CNBC, Jumat (21/8/2020) waktu setempat.


Terkait rumor akuisisi aplikasi TikTok oleh Microsoft atau Oracle, Pompeo menolak memberi pernyataan. Diketahui, AS telah memblokir aplikasi buatan Tiongkok seperti TikTok dan WeChat karena dinilai mengancam keamanan nasional karena bisa digunakan untuk espionase. Presiden Trump memerintahkan dua aplikasi tersebut dilarang atau dijual ke pihak lain demi mencegah jatuhnya informasi pribadi warga AS ke Partai Komunis Tiongkok.


"Saya memperkirakan bahwa TikTok tidak lagi membagi informasi pribadi warga AS ke Partai Komunis Tiongkok. Saya yakin, mereka (perusahaan yang mengakuisisi) tidak akan melakukan itu," tuturnya.


AS telah lama menuding Tiongkok melakukan pencurian hak kekayaan intelektual yang merugikan AS miliaran dolar, ribuan pekerjaan, dan mengancam keamanan nasional. Beijing membantah semua tuduhan AS.


"Dengan induk perusahaan di Tiongkok, aplikasi seperti TikTok dan WeChat adalah ancaman bagi informasi pribadi warga AS dan bisa juga digunakan sebagai alat sensor Partai," kata Pompeo. ***Novie Kusdarman

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved