Headlines News :
Home » » KPK Buka Lowongan Jubir

KPK Buka Lowongan Jubir

Written By Info Breaking News on Sabtu, 08 Agustus 2020 | 20.09

Ipi Maryati Kuding

Jakarta, Info Breaking News – Setelah cukup lama posisinya diisi oleh Pelaksana Tugas, kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kesempatan bagi para pencari pekerjaan untuk bisa menjadi seorang juru bicara KPK.

  

Lowongan pekerjaan ini diumumkan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango pada Sabtu (8/8/2020). 

 

"Indonesia memanggil, KPK mencari juru bicara," tuturnya.

 

Pendaftarannya sendiri dibuka mulai 8 Agustus hingga 21 Agustus mendatang. Kepada awak media Nawawi mengatakan menjadi seorang juru bicara KPK bukanlah hal yang mudah. Mereka yang ingin mengisi posisi tersebut haruslah memiliki kepakaran dan komitmen yang tinggi.

 

Plt jubir KPK, Ali Fikri mengatakan rekrutmen tersebut dapat diikuti warga negara Indonesia (WNI) baik yang berstatus aparat sipil negara (ASN) maupun yang tidak.

 

Untuk mereka yang berminat mendaftar bias langsung mengunjungi website berikut https://ppm-rekrutmen.com/kpk/

 

‘Sejarah’ Jubir KPK

 

Sejak awal didirikan, hanya sedikit orang yang terpilih sebagai seorang juru bicara KPK. Salah satu dari segelintir orang tersebut ialah Johan Budi. Jauh sebelum ia dipercaya menjadi juru bicara Presiden atau duduk nyaman di kursi DPR, Johan Budi dikenal luas sebagai juru bicara tokcer yang dimiliki KPK sejak 2006 hingga 2014. Setelah tak menjadi jubir, Johan sempat menjadi Deputi Pencegahan dan Plt Wakil Ketua KPK.

 

Nama lainnya yang berhasil menempati posisi jubir adalah Febri Diansyah. Ia resmi menjabat pada tahun 2016 dan berakhir pada 2019. Sebelumnya, posisi Kabiro Humas dan jubir KPK dipegang oleh orang yang sama. Seperti oleh Johan Budi dan Febri. Namun kini, posisi itu dipisah. Oleh karena itu, meski dirinya tak lagi berperan sebagai jubir, tetapi Febri masih menjabat sebagai Kabiro Humas KPK.


Selepas ‘kepergian’ Febri, pimpinan KPK pun menunjuk dua pelaksana tugas, yakni Ali Fikri dan Ipi Maryati. Ali adalah Plt jubir bidang penindakan, sedangkan Ipi merupakan Plt jubir bidang pencegahan. Ali Fikri sebelumnya merupakan seorang jaksa penuntut umum yang kemudian banting setir ke KPK.


Sekilas mengenai sosok Ipi Maryati, ia sebelumnya bertugas di Biro Humas KPK. Wanita bernama lengkap Ipi Maryati Kuding tersebut sudah tidak asing lagi dengan dunia komunikasi dan hubungan antar masyarakat. Ipi yang lulus S2 Komunikasi dari Universitas Indonesia tersebut sebelumnya sudah banyak membahas mengenai pencegahan di KPK. Kepiawaiannya dalam bidang komunikasi pun membuatnya terpilih sebagai redaktur Integrito, majalah internal KPK. Tak tanggung-tanggung ia juga pernah menjabat sebagai redaktur pelaksana ketika posisi jubir KPK masih dipegang Johan Budi.

 

Profesional dan berintegritas tinggi, bukan tak mungkin bagi Ipi yang juga merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai jubir KPK itu untuk bisa mengamankan posisi jubir secara permanen. ***Emil F. Simatupang

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved