Headlines News :
Home » » Susul Singapura, Kini Korsel Masuki Masa Resesi

Susul Singapura, Kini Korsel Masuki Masa Resesi

Written By Info Breaking News on Kamis, 23 Juli 2020 | 09.37


Seoul, Info Breaking News – Setelah Singapura, Korea Selatan menjadi negara selanjutnya yang memasuki resesi setelah ekonominya anjlok dua kuartal berturut-turut karena pembatasan sosial akibat corona. 

 

Ini merupakan resesi teknikal pertama Korea Selatan sejak tahun 2003 silam.

 

Dilaporkan, produk domestik bruto (PDB) Korsel pada kuartal II yang berakhir Juni 2020 terkontraksi minus 3,3 persen. Bank Sentral Korsel, Kamis (23/7/2020) menjelaskan sebelumnya pada kuartal pertama 2020, PDB negara ini minus 1,3 persen. Realisasi kuartal dua juga jauh lebih buruk daripada kontraksi minus 2,3 persen dalam jajak pendapat Reuters.

 

Ekspor barang dan jasa dari negara yang bergantung pada perdagangan ini terjun bebas hingga 16,6 persen, angka terburuk sejak kuartal terakhir 1963. Nilai ekspor itu hampir 40 persen dari PDB nominal Korsel tahun lalu.

Selanjutnya konsumsi swasta yang menghasilkan hampir setengah dari PDB negara itu, tumbuh 1,4 persen secara kuartal ke kuartal, atau naik dari penurunan 6,5 persen pada kuartal pertama yang berakhir Maret 2020.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia itu pada periode April-Juni 2020 menyusut minus 2,9 persen secara tajam membalikkan ekspansi 1,4 persen yang terlihat tiga bulan sebelumnya. Realisasi PDB kuartal dua secara tahunan ini lebih curam dari minus 2,0 persen yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters. ***Radinal

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved