Headlines News :
Home » » PDB Anjlok, Singapura Masuk Jurang Resesi

PDB Anjlok, Singapura Masuk Jurang Resesi

Written By Info Breaking News on Selasa, 14 Juli 2020 | 14.20


Singapura, Info Breaking News - Singapura secara resmi memasuki masa resesi usai bergelut dengan kontraksi selama dua bulan berturut-turut. 

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura melaporkan perekonomian Singapura terkontraksi 12,6 persen di triwulan kedua tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di triwulan pertama tahun ini, produk domestik bruto (PDB) Singapura juga terkontraksi 0,7 persen.

Melemahnya perekonomian Singapura dan global akibat Covid-19 memaksa pemerintah menutup aktivitas ekonomi dan melakukan pembatasan sosial (circuit breaker) sejak 7 April hingga 1 Juni lalu. 

Kontraksi triwulan II juga lebih buruk dari survei Bloomberg sebesar -11,3 persen. Secara kuartalan (q on q), perekonomian Singapura terkontraksi 41,2 persen di triwulan-II tahun ini, sementara di triwulan sebelumnya Singapura -3,3 persen.

Singapura memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini -7 hingga -4 persen, angka ini merupakan yang terburuk sejak Singapura merdeka tahun 1965 silam.

Sektor konstruksi menyusut 54,7 persen di triwulan-II tahun ini dibanding periode yang sama tahun lalu, jauh lebih buruk dari triwulan pertama -1,1 persen. Secara kuartalan, sektor ini menyusut 95,6 persen. Sektor jasa terkontraksi 13,6 persen yoy di triwulan-II tahun ini.

Sektor yang tumbuh adalah manufaktur yang naik 2,5 persen yoy di triwulan-II, meskipun lebih rendah dari pertumbuhan 8,2 persen di triwulan sebelumnya. Menguatnya sektor ini ditopang oleh industri kesehatan. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved