Headlines News :
Home » » Kim Jong-un Klaim Korut Sukses Tangani Covid-19

Kim Jong-un Klaim Korut Sukses Tangani Covid-19

Written By Info Breaking News on Jumat, 03 Juli 2020 | 13.25

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un

Pyongyang, Info Breaking News - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengklaim pihaknya “sukses besar” dalam menangani Covid-19. 

Hadir dalam rapat politburo partai buruh, Kamis (2/7/2020), Kim mengatakan Korea Utara secara sukses mampu mencegah masuknya virus ganas tersebut serta mempertahankan stabilitas nasional.


Dalam rapat petinggi partai itu, Kim mengatakan telah menganalisis kerja anti-epidemi secara detil selama enam bulan ini. Hasilnya, ia menyimpulkan virus corona telah diatasi berkat kepemimpinan Komite Sentral Partai yang visioner. Kendati demikian, Kim tetap menekankan pentingnya mempertahankan "kewaspadaan tingkat tinggi tanpa kelonggaran terhadap kerja anti-epidemi” mengingat virus corona masih menyebar di negara-negara tetangga.


Sebelumnya di akhir Januari 2020,  Korea Utara diketahui menutup seluruh perbatasan dan mengarantina ratusan warga negara asing di Pyongyang serta melakukan isolasi total. Sejauh ini, Kim juga menyebut negaranya tidak memiliki kasus positif Covid-19. Meski begitu, para analisis nampaknya tidak percaya dan tidak sependapat dengan klaim Kim tersebut. Kini, Korea Utara sudah membuka kembali sekolahnya meski larangan berkumpul tetap dilaksanakan. Warga juga diwajibkan tetap memakai masker.


Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sebanyak 922 orang telah dites. Hasilnya, seluruh sampel dinyatakan negatif. Sejauh ini Korea Utara masih mempertahankan nol kasus positif Covid-19 meski negara tersebut berbatasan langsung dengan Tiongkok. 


Meski begitu, Managing Editor NK News Oliver Hotham berpendapat klaim Korea Utara tersebut bisa saja tidak benar. "Sangat tidak mungkin jika Korea Utara nol kasus positif (Covid-19). Korea Utara berbatasan langsung dengan China dan Korea Selatan," ujarnya. 


Hotham mengatakan dia tidak benar-benar yakin Korea Utara berhasil mengendalikan virus corona. "Tapi mereka benar-benar melakukan tindakan pencegahan sedari awal. Saya pikir mungkin mereka bisa mencegah penularan virus (corona) secara masif," pungkasnya. ***Rina Trian


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved