Headlines News :
Home » » Alasan Erick Thohir Jadi Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19

Alasan Erick Thohir Jadi Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19

Written By Info Breaking News on Rabu, 22 Juli 2020 | 05.14

Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonimi dan Penanganan COVID-19

Presiden Jokowi resmi membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19. Satgas ini berfungsi untuk membantu memulihkan ekonomi Indonesia di tengah pandemi corona.

Nantinya, Satgas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19 ini akan membawahi dua gugus tugas, yaitu Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19.

Pernyataan ini disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (20/7/2020).

Presiden Jokowi juga menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua Satgas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19. Sehingga, Erick akan membawahi Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi.

"Pelaksana tugasnya, diberi tugas kepada Menteri BUMN Pak Erick sebagai yang koordinasikan, Ketua Satgas Perekonomian, Ketua Satgas COVID-19 tetap Pak Doni, dan Satgas Perekonomian Pak Wamen Budi Gunadi Sadikin," ujar Airlangga.

Menurut Erick Thohir, penunjukkan dirinya oleh Presiden tak lepas dari peran BUMN yang membangun infrastruktur. Sehingga, hal itu menjadi dasar pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan infrastruktur yang ada, mungkin kami dilibatkan," ujar Erick di Jakarta, Senin (20/7/2020).   

Infrastruktur yang dimaksud Erick, yaitu perusahaan pelat merah yang bergerak di sejumlah sektor usaha, seperti pelayanan publik, pangan, kesehatan dan infrastruktur atau pembangunan.

Sektor-sektor itu dianggap cepat mampu menggerakkan perekonomian dalam negeri dan menangani persoalan kesehatan akibat penyebaran Covid-19. 

Kendati begitu, Mantan Presiden Klub Inter Milan ini tak ingin BUMN saja yang jadi landasan pemulihan ekonomi nasional. Tetapi, ia akan menyinergikan program-program yang ada di Kementerian lain.

"Kami ini adalah tim yang harus bersinergi dengan Menteri-menteri terkait dan ini juga jadi program real yang mana harus diimplementasikan dengan target-target tertentu," ucap dia.

Erick menambahkan, nantinya program-program pemulihan ekonomi nasional ini akan beriringan dengan program kesehatan yang ada.

"Saya rasa tidak bisa dipisahkan mana yang lebih awal, dari program kesehatan mungkin nanti Pak Doni (Ketua Gugus Tugas) ada 2-3 program dari pak budi ada 2-3 program. Nah, program ini kita sinergikan, seperti misalnya kondisi di Jatim, tentu tidak hanya program kesehatan, tapi program perekonomiannya harus seiring, tidak bisa terpisah," ujarnya.

Erick juga mengungkapkan keyakinan dan rasa optimistisme harus ditanamkan agar tujuan untuk ke keluar dari krisis bisa dilakukan. *** Jeremy Foster S

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved