Headlines News :
Home » » Obama Galang US$ 11 Juta untuk Dana Kampanye Biden

Obama Galang US$ 11 Juta untuk Dana Kampanye Biden

Written By Info Breaking News on Kamis, 25 Juni 2020 | 12.58


Washington, Info Breaking News – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan dukungannya kepada calon presiden AS Joe Biden dengan menggalang dana sebesar US$ 11 juta atau sekitar Rp 156 miliar untuk biaya kampanye.

Pada Selasa (23/6/2020), Barack Obama tampil pertama kali dalam kampanye bersama Joe Biden dan melakukan penggalangan dana secara virtual. Sebelumnya, presiden AS ke-44 tersebut mengumumkan secara resmi mendukung Biden sebagai capres AS pada April 2020.

Penggalangan dana secara virtual yang dilakukan Barack Obama dan Joe Biden berhasil mengumpulkan US$ 7,6 juta atau sekitar Rp 107 miliar dari sekitar 175.000 penyumbang yang mayoritas merupakan pendukung Barack Obama dan Partai Demokrat. Dana tersebut memecahkan rekor penggalangan dana Joe Biden selama kampanye pemilihan presiden (Pilpres) AS 2020.

“Lebih dari 175.000 individu telah menyumbangkan dana saat penggalangan dana virtual perdana Barack Obama, untuk mendukung kampanye capres Joe Biden,” ungkap tim kampanye Joe Biden, di Washington, Rabu (24/6/2020).

Selanjutnya, Obama dan Biden juga menggalang dana sebesar US$ 3,4 juta atau sekitar Rp 48,086 miliar dari investor individu melalui daring, yang tidak terbuka untuk wartawan.

Barack Obama menyatakan dirinya berkomitmen untuk membantu kampanye Joe Biden dan para kandidat senator Partai Demokrat dalam Pemilihan Umum AS 2020. Bahkan rencana pengumpulan dana virtual untuk kampanye Joe Biden, diumumkan langsung oleh Obama melalui akun Twitter-nya pada pekan lalu.

Sejumlah mantan capres AS dari Partai Demokrat, seperti Elizabeth Warren dan Kamala Harris juga ikut terlibat dalam penggalangan dana virtual untuk kampanye Joe Biden. Sejak ditetapkan sebagai capres AS dari Partai Demokrat, para petinggi partai kompak mendukung Biden.

Dalam penggalangan dana virtual yang dilakukan bersama Elizabeth Warren, pada 15 Juni 2020, Joe Biden berhasil menambah pundi-pundi dana kampanyenya sebesar US$ 6 juta atau sekitar Rp 85 miliar. Pekan sebelumnya, penggalangan dana virtual yang dilakukan Joe Biden bersama Kamala Harris berhasil mengumpulkan US$ 3,4 juta atau sekitar Rp 50 miliar.

Elizabeth Warren dan Kamala Harris sendiri merupakan kandidat capres AS Partai Demokrat yang telah mundur dan menyatakan mendukung Joe Biden.

Sementara itu, hingga kini belum jelas berapa dana kampanye yang telah digalang Donald Trump. Namun Donald Trump yang telah berkampanye sejak 2017 untuk masa jabatan kedua, menyatakan bahwa dia masih memiliki lebih banyak uang di depan menjelang Pilpres AS pada 3 November 2020.

Tim kampanye Donald Trump menyatakan pada saat kampanye di Tusla, Oklahoma, pada akhir pekan lalu, Trump berhasil mengumpulkan dana kampanye sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp 141,430 miliar. ***Jeremy


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved