Headlines News :
Home » » Mantan Menteri Kehakiman Jepang dan Istri Ditangkap, Diduga Korupsi

Mantan Menteri Kehakiman Jepang dan Istri Ditangkap, Diduga Korupsi

Written By Info Breaking News on Jumat, 19 Juni 2020 | 11.18

Mantan Menteri Kehakiman Jepang Katsuyuki Kawai dan Istri, Anri Kawai

Jepang, Info Breaking News - Katsuyuki Kawai, Mantan Menteri Kehakiman Jepang  dan istrinya yang seorang anggota parlemen, Anri Kawai, ditangkap. Pada Kamis (18/6/2020) stasiun televisi NHK melaporkan keduanya ditahan atas dugaan politik uang. Mereka ditangkap atas dugaan pembelian suara.

Penangkapan ini akan menjadi pukulan keras bagi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang sudah kehilangan banyak dukungan. Pasalnya Abe memiliki hubungan dekat dengan Katsuyuki Kawai.

Dukungan terhadapnya juga terus menurun setelah kritikusnya menilai ia tidak mampu mengatasi wabah virus corona. Kebijakannya memperpanjang usia pensiun jaksa penuntut dan janjinya untuk membantu usaha kecil menengah serta perusahaan pariwisata juga dipertanyakan.

Media Jepang melaporkan Katsuyuki dan istrinya diduga menawarkan jutaan yen dalam bentuk uang tunai pada 100 orang sebelum pemilihan House of Councillors tahun 2019 lalu yang akhirnya dimenangkan oleh Anri. Katsuyuki mengundurkan diri sebagai menteri pada Oktober tahun lalu karena skandal tersebut.

Sebelumnya pasangan tersebut mengundurkan diri dari Partai Demokrasi Liberal yang berkuasa. The Japan Times melaporkan Katsuyuki terungkap membayar staf lebih banyak daripada yang diizinkan undang-undang.

Dalam pemilihan tahun 2019 lalu Anri Kawai berhasil mengalahkan anggota parlemen veteran Kensei Mizote. The Japan Times melaporkan jaksa menduga Katsuyuki adalah orang yang berada di balik kampanye istrinya.

Katsuyuki dituduh menawarkan 50 ribu hingga 100 ribu yen dalam bentuk uang tunai pada pendukung mereka di Prefektur Hiroshima. Uang itu diberikan pada anggota dewan kota dan prefektur serta kepala pemerintahan setempat. ***Winda Syarief


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved