Headlines News :
Home » » Doni Monardo: Asap Karhutla Ancam Kesehatan Pengidap Corona

Doni Monardo: Asap Karhutla Ancam Kesehatan Pengidap Corona

Written By Info Breaking News on Selasa, 23 Juni 2020 | 15.40

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo

Jakarta, Info Breaking News – Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dinilai berbahaya bagi mereka yang terinfeksi Covid-19. Untuk itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta warga untuk menghindari asap pekat akibat karhutla tersebut.

“Kita hindari asap, agar kita juga bisa selamat dari bahaya Covid-19,” katanya saat ditemui usai menghadiri rapat terbatas tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Presiden Jokowi menilai adalah penting bagi pemerintah serta masyarakat untuk bisa melakukan pencegahan sehingga tingkat karhutla tahun ini bisa dikurangi dengan signifikan.

“Penekanan yang mungkin perlu disampaikan oleh BNBP dan juga selaku gugus tugas adalah kerja keras, kerja sama dari seluruh komponen masyarakat di seluruh daerah yang tiap tahun mengalami kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar, terutama di kawasan lahan gambut,” jelas Doni.

Asap pekat dampak dari karhutla bisa mengancam kesehatan masyarakat sekitar yang menghirupnya, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit pernapasan seperti asma dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Dampaknya adalah berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit asma dan ISPA ini, dan apabila terpapar Covid-19,” lanjut Doni.

Karena itu, ia menegaskan agar semua daerah yang memiliki lahan gambut dan hutan, harus mampu menghindari timbulnya asap akibat karhutla.

“Semua daerah diharapkan semaksimal mungkin mengindari timbulnya asap. Apalagi asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan, khususnya gambut. Sehingga kerja keras dari berbagai komponen masyarakat di daerah untuk lakukan pencegahan ini sangat penting,” pungkasnya. ***Rully Rahardian


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved