Headlines News :
Home » » WHO: Pandemi Covid-19 Timbulkan Krisis Kesehatan Mental

WHO: Pandemi Covid-19 Timbulkan Krisis Kesehatan Mental

Written By Info Breaking News on Selasa, 19 Mei 2020 | 11.16



Jenewa, Info Breaking News – Di tengah-tengah pandemi Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan mengenai krisis kesehatan mental global.

WHO menjelaskan krisis penyakit mental terus meningkat seiiring dengan semakin banyaknya orang di seluruh dunia yang dikelilingi oleh kematian dan penyakit dan dipaksa ke dalam isolasi, kemiskinan dan kegelisahan akibat Covid-19.

“Isolasi, ketakutan, ketidakpastian, kekacauan ekonomi - mereka semua menyebabkan atau dapat menyebabkan tekanan psikologis,” kata Direktur Departemen Kesehatan Mental WHO, Devora Kestel.

Kestel menyebut peningkatan jumlah dan tingkat keparahan penyakit mental selama pandemi kemungkinan besar bakal terjadi. Untuk itu, pemerintah diminta harus siap memperhatikan masalah tersebut dari respons yang ada.

“Kesehatan mental dan kesejahteraan seluruh masyarakat telah sangat dipengaruhi oleh krisis ini dan merupakan prioritas yang harus segera diatasi,” tuturnya.

WHO dalam laporan terbarunya terkait Covid-19 menyoroti beberapa wilayah dan bagian masyarakat yang rentan terhadap tekanan mental - termasuk anak-anak dan remaja yang terisolasi dari teman dan sekolah. Laporan juga mencermati petugas layanan kesehatan yang melihat ribuan pasien terinfeksi dan meninggal akibat virus corona baru.

Studi dan survei yang muncul sudah menunjukkan dampak Covid-19 pada kesehatan mental secara global. Para psikolog mengatakan anak-anak cemas dan peningkatan dalam kasus depresi dan kecemasan telah dicatat di beberapa negara.

Kekerasan dalam rumah tangga meningkat dan petugas kesehatan melaporkan peningkatan kebutuhan akan dukungan psikologis. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved